Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Donor darah merupakan suatu proses pengambilan darah seseorang secara sukarela yang selanjutnya akan disimpan dan digunakan untuk tranfusi darah ke seseorang yang lebih membutuhkan. Banyak seseorang yang enggan mendonorkan darahnya karena berlasan takut akan jarum suntik dan juga darah. Akan tetapi tahukah Anda mendonorkan darah secara rutin memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah manfaat donor darah bagi kesehatan.

Manfaat Donor Darah

Manfaat donor darah bagi kesehatan secara rutin

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat donor darah yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini pun diperkuat dengan sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Epidemology yang menyatakan bahwa seseorang yang rutin mendonorkan darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena penyakit jantung ataupun serangan jantung mendadak.

Menurunkan resiko kanker

Manfaat yang kedua adalah menurunkan resiko kanker. Seseorang yang selalu konsisten untuk mendonorkan darahnya dipercaya dapat terhindar dari kanker, seperti kanker lambung, tenggorokan, usus besar dan juga paru-paru. Untuk seorang wanita Anda dapat melakukan donor darah setidaknya satu kali dalam 4 bulan. Sedangkan untuk pria Anda dapat mendonorkan darah Anda setiap 3 bulan sekali.

Membakar kalori tubuh

Manfaat donor darah selanjutnya adalah dapat membakar kalori tubuh secara teratur. Setiap orang pastinya ingin memiliki berat tubuh yang ideal, jika Anda selalu gagal dalam berdiet, Anda dapat melakukan cara lain yaitu dengan cara melakukan donor darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California menyatakan bahwa seseorang yang rutin melakukan donor darah akan dapat membakar kalori sebanyak 650 di dalam tubuh.

Pemeriksaan kesehatan secara gratis

Sebelum melakukan donor darah seseorang akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tubuhnya fit. Tak hanya itu saja, sample darah yang Anda miliki juga akan diperiksa di labolatorim. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit tertentu atau tidak. Cara ini juga dapat mendeteksi berbagai macam penyakit menular seperti HIV, hepatitis, sifilis ataupun penyakit lainnya.

Mencegah penuaan dini

Selain bermanfaat untuk kesehatan, donor darah juga berguna untuk kecantikan salah satunya yaitu untuk mencegah penuaan dini. Tak ada wanita yang ingin terlihat tua dengan adanya keriput pada wajahnya. Donor darah yang Anda lakukan secara teratur dapat membantu kulit Anda beregenerasi secara sempurna. Sehingga kulit akan selalu tampak kencang dan bebas dari keriput ataupun garis halus pada wajah.

Pembaharuan sel-sel baru

Meskipun donor darah akan mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah, Anda tidak perlu khawatir karena sum-sum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah yang baru yang akan dialirkan ke seluruh tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat donor darah untuk kesehatan. Baca juga artikel mengenai Manfaat Oatmeal untuk kesehatan.