Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Pegagan atau centella asiatica merupakan tanaman yang tumbuh liar di perkebunan, ladang dan pematang sawah. Tumbuhan pegagan ini pertama kali berasal dari Asia Tropik dan tersebar di Asia Tenggara termasuk negara Indonesia. Sejak zaman dahulu tanaman yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya penyakit kulit.

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Tapi dengan adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan membuat banyak orang yang melakukan penelitian terhadap tanaman yang satu ini. Pertama kali penelitian tersebut dilakukan oleh peneliti India yang melakukan uji coba klinis dalam sekala kecil yang bertujuan untuk mengetahui kandungan dan efeknya bagi kesehatan tubuh.

Dari hasil penelitian tersebut, ternyata pegagan memiliki banyak kandungan gizi yang terdapat diantaranya yaitu natrium, magnesium, kalsium, besi, mineral  vellarine, madasiatic acid dan masih banyak lagi lainnya. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat daun pegagan untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui!

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai Antioksidan

Menurut penelitian yang dilakukan di Brasil menemukan bahwa ekstrak air pegagan memiliki kandungan antioksidan dan sitotoksik. Semakin diperkuat dengan pelaporan termuan dalam edisi “International Journal of Molecular Sciences” 2009. mencatat bahwa ekstrak pegagan memiliki kemampuan untuk membunuh sel glioma kanker.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain berperan sebagai antioksidan, manfaat daun pegagan juga dapat mempercepat proses dalam penyembuhan luka. Menurut studi praklinis dan klinis menemukan sifat farmakologi pegagan. Sifat tersebut berfungsi untuk merangsang proliferasi sel dan sintensis kolagen pada luka yang dapat membuat luka menjadi cepat kering dan sembuh.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Menurut penelitian yang dilakuakan oleh Prof Veena Kalra, Hilna Zamir, Pandey RM. Melakukan uji klinis pada tahun 2002 terhadap anak yang menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). ADHD merupakan kelainan otak yang tidak mampu melakukan tugas sederhana, hiperaktif dan implusif. Dengan memberikan serbuk pegagan terbukti dapat meningkatkan intelegensia atau kecerdasan otak anak. Dari situlah daun pegagan sampai saat ini memang sangat dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai manfaat daun pegagan untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui. Tapi Anda juga perlu mengetahui mengenai efek samping dari mengonsumsi daun pegagan diantaranya sebagai berikut :

  • Bagi kehamilan, daun pegagan mungkin sangat aman untuk digunakan pada wanita hamil jika diterapkan pada kulit atau bagian luar. Namun sebaiknya jangan dikonsumsi karena sampai sekarang belum diketahui uji klinis tingkat keamanan terhadap daun pegagan bagi ibu hamil.
  • Penyakit hati, terlau banyak mengonsumsi daun pegagan sangat tidak baik bagi kesehatan hati. Bagi orang yang telah memiliki riwayat penyakit hati seperti hepatitis sebaiknya menghindari mengonsumis pegagan karena akan semakin memperburuk kondisi kesehatan hati.

Loading...