Manfaat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Pandan wangi atau memiliki nama latin pandanus amaryllifolius roxb ini masih termasuk dalam keluarga pandanaceae. Pandan adalah tanaman yang banyak hidup di rawa-rawa atau di tempat yang lembab dan teduh. Daun pandan sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan campur makanan seperti salah satunya bubur yang berfungsi untuk membuat aroma makanan menjadi sedap. Menurut sebuah penelitian terdapat beberapa kandungan dalam daun pandan yang memiliki manfaat bagi kesehatan yang terangkum di situs wikipedia.

Manfaat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan

Adapun jenis kandungan tersebut diantaranya senyawa alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, palifenol dan zar warna. Nah itulah beberapa kandungan penting yang terdapat dalam daun pandan yang berperan baik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui!

Manfaat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan

Mengatasi Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh seseorang yang memilki pola hidup yang tidak sehat. Darah tinggii sendiri dapat beresiko terkena penyakit stroke. Biasanya penyakit ini disertai dengan gejala yangg sering merasa pusing dan cepat lelah, sehingga aan menghambat seagala macam aktivitas Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, masalah yang satu ini dapat diatasi dengan cara menggunakan daun pandan. Adapun caranya yaitu dengan merebus daun pandan secukupnya, kemudian ambil air rebusan daun pandan tersebut. setelah itu minum secara rutin di saat pagi hari.

Mengatasi Lemah Saraf

Kelaianan lemah saraf adalah salah satu penyakit yang membuat saraf sering mengalami gangguan seperti sering mudah keram. Hal ini dikarenakan adanya kekurangan rangsangan saraf yang ada pada bagian tubuh. Na sebelum kondisi tersebut semakin parah dan berdampak bagi kesehatan tubuh lainnya. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun pandan. Caranya hampir sama dengan di atas yaitu merebus daun pandan dan konsumsi secara rutin setiap hari dua kali yaitu pagi dan ketika menjelang tidur.

Mengatasi Penyakit Panu

Manfaat daun pandan selanjutnya yaitu dapat mengatasi menyakit panu. Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit atau bakteri yang bersarang pada kulit. Jenis penyakit ini merupakan penyakit menular. Oleh karena itu hindari kontak secara langsung dengan penderita jika tidak ingin tertular dengan penyakit kulit yang satu ini. Sedangkan bagi Anda yang memiliki masalah dengan penyakit kulit yangg satu ini, tidak perlu khawatir. Karena dapat dengan mudah Anda atasi dengan menggunakan daun pandan. Adapun caranya yaitu hanya cukup menghaluskan daun pandan dan tambahkan sedikit garam. Setelah halus oleskan pada panu Anda. untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini setiap hari secara rutin.