Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Hampir setiap orang pernah mendengar atau bahkan mengonsumsi daun mint yang biasa ditambahkan ke dalam beberapa menu makanan. Daun mint biasanya ditambahkan ke dalam beberapa menu makanan tertentu untuk menambah cita rasa makanan tersebut. Selain memiliki cita rasa unik, daun mint juga memiliki ciri khas seperti aromanya yang dapat membuat orang menjadi lebih tenang.

Di samping untuk dijadikan sebagai bahan tambahan ke dalam beberapa makanan tertentu, daun mint juga digunakan sebagai bahan campuran pada kosmetik kecantikan. Terdapat banyak kebaikan yang dimiliki dari daun mint. Nah untuk Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat daun mint untuk kesehatan, di bawah ini terdapat beberapa informasi yang dapat Anda ketahui.

daun mint

Berikut Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Membantu dalam Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun mint yang pertama adalah untuk membantu dalam meningkatkan nafsu makan seseorang. Aroma dari daun mint memang membuat para penikmatnya lebih merasa nyaman. Sehingga selain untuk menambah cita rasa pada makanan, daun mint juga berperan dalam membantu meningkatkan nafsu makan lebih tinggi.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat berikutnya adalah baik untuk sistem pencernaan tubuh. Daun mint mengandung antioksidan serta fitonutrien. Keda kandungan tersebut dibutuhkan untuk tubuh serta baik untuk sistem pencernaan tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam daun mint tidak ditemukan efek samping yang berbahaya.

Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menjadi penyebab berbagai penyakit salah satunya adalah penyakit kanker. Untuk melawan radikal bebas, Anda dapat mengonsumsi sumber makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah alpukat, daun mint, dan sumber makanan lainnya. Untuk mengonsumsi daun mint, Anda dapat menjadikan sebagai bahan tambahan ke dalam menu makanan.

Membantu dalam Menyegarkan Bau Mulut

Manfaat daun mint berikutnya adalah membantu dalam menyegarkan bau mulut secara alami. Di dalam daun mint terkandung unsur menthol, menthone, dan juga menthol acetate. Dengan kandungan unsur tersebut membuat daun mint dapat membantu dalam menyegarkan nafas serta membantu menghindarkan dari bau mulut. Daun mint dapat dikunyah langsung setelah dicuci bersih atau ditambahkan ke dalam menu makanan atau minuman.

Membantu dalam Mengontrol Tekanan Darah

Di dalam daun mint terkandung banyak mineral diantaranya potassium serta zat besi. Kedua jenis mineral ini berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah, membantu mengontrol detak jantung, serta membantu mengontrol tekanan darah. Untuk itu jangan ragu untuk mengonsumsi daun mint yang sering ditambahkan ke dalam beberapa menu makanan.

Membantu Mengobati Batuk dan Gatal pada Tenggorokan

Daun mint memiliki manfaat untuk membantu mengobati batuk serta melegakan tenggorokan ketika tenggorokan terasa gatal. Hal ini disebabkan karena daun tersebut memiliki kandungan mint yang baik untuk melegakan tenggorokan, hidung agar terasa lebih lega. Oleh sebab itu tak heran jika jenis daun ini digunakan sebagai bahan tambahan ke dalam beberapa jenis obat.

Aromaterapi

Dalam dunia medis, daun mint juga dapat dimanfaatkan sebagai aroma terapi. Umumnya digunakan oleh para pasien yang membutuhkan agar perasaan lebih rileks. Selain itu sebagai aroma terapi, daun mint juga dapat digunakan sebagai aroma makanan agar lebih segar.

Mengatasi Nyeri pada Bagian Tubuh

Daun mint dipercaya mampu mengatasi nyeri pada bagian tubuh. Hal ini karena daun mint mengandung antispasmodic. Kandungan tersebut sangat baik untuk mengendurkan otot yang menegang. Sehingga antispasmodic sangat cocok dalam mengatasi nyeri di tubuh.

Mengurangi Stres

Daun mint mampu memberikan efek ketenangan pada tubuh sehingga sering digunakan sebagai aromaterapi pada dunia medis. Kandungan dalam daun mint dapat melawan stres dari luar tubuh. Sehingga dapat menenangkan serta membuat tubuh lebih rileks.

Melegakan Pernafasan

Bagi Anda yang merasakan sesak nafas dapat mengonsumsi daun mint. Ekstraksi daun mint memiliki sifat menyegarkan. Hal ini karena daun mint mengandung zat khusus yang mampu membuka rongga pernafasan.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Manfaat daun mint selanjutnya adalah mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Jika nutrisi dalam tubuh terpenuhi maka kekebalan tubuh akan maksimal. salah satu nutrisi maktonutrien yang berguna untuk menjaga imunitas adalah vitamin. Setiap tubuh manusia membutuhkan 500 mg vitamin C, dan jika terpenuhi setiap hari maka dapat meningkatkan imunitas.

Baik untuk Kesehata Mata

Anda juga dapat menemukan kandungan vitamin A pada daun mint. Fungsi dari vitamin A tersebut adalah mampu menjaga kesehatan dan perawatan mata. Bagi orang lanjut usia yang mulai mengalami rabun disarankan untuk mengonsumsi daun mint karena memiliki banyak vitamin A. Selain itu wortel juga baik untuk keseatan mata.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui. Baca Cara Menghilangkan Rasa Mual Kerena Maag

loading...