Manfaat Daun Kemangi bagi Tubuh

By Categories : Kesehatan

Salah satu ciri khas daun kemangi adalah memiliki bau yang harum. Di Indonesia daun kemangi mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Kemangi lebih sering digunakan oleh pelengkap masakan misal saja seperti untuk lalapan sambal, untuk penghilang bau amis pada ikan dan juga untuk membuat pepes. Namun selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata daun kemangi juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Hal ini tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, silahkan simak ulasan di bawah ini mengenai manfaat daun kemangi bagi tubuh.

Manfaat Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi Bagi Tubuh

Dapat Meredakan Demam dan juga Masuk Angin

Salah satu manfaat daun kemangi yang pertama adalah mampu meredakan demam dan juga masuk angin pada tubuh, biasanya pada anak. Cara pengolahannya seperti ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas dengan bawang merah dan campuran minyak kelapa, setelah itu dioleskan ke perut dan juga punggung anak.

Menjaga Kesehatan Mata dan Mulut

Vitamin A yang terkandung dalam daun kemangi mempunyai kemampuan dalam mengobati infeksi pada mata, dan juga mencegah gangguan pada mata lainnya. Tidak hanya itu saja, selain itu daun kemangi juga dapat menyegarkan bau mulut setelah dikonsumsi. Hal ini dikarenakan bau harum dari kemangi tersebut.

Bermanfaat untuk Antiradang

Kandungan yang terdapat pada daun kemangi seperti zat cineole, mtrcene, eugenol berfungsi untuk antiobiotik alami, dan juga antiradang. Oleh sebab itu kemangi sangat baik untuk mencegah peradangan, dan juga antibiotik alami yang dibutuhkan oleh manusia agar tidak mudah terserang penyakit. Baca juga Tips Backpacker Murah ke Bali

Berguna untuk Mencegah Bau Badan

Selain untuk mengurangi bau mulut, ternyata kemangi juga dipercaya mampu mengatasi masalah pada bau badan. Hal ini dikarenakan bau khas dari kemangi yang harum, sehingga ketika dikonsumsi dapat mencegah bau badan secara berlebih.

Mengatasi Keputihan

Daun kemangi mengandung kandungan senyawa eugenol yang berfungsi dalam membunuh jamur yang dapat menyebabkan keputihan. Jadi bagi Anda perempuan yang mengalami keputihan, maka Anda dapat mengonsumsi kemangi secara rutin. Anda dapat mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan sambal atau juga dapat dibuat sebagai campuran makanan seperti pepes.

Dapat Mencegah Batuk dan Pilek atau Flu

Selain untuk meredakan demam dan masuk angin, daun kemangi dapat digunakan sebagai obat alami dalam mencegah penyakit batuk dan pilek. Daun yang sering digunakan untuk lalapan ini mampu menjauhkan bakteri batuk dan pilek. Manfaat tersebut dapat Anda dapatkan dengan cara minum wedang kemangi saat masih hangat di musim dingin. Hal ini bertujuan untuk menghindari pilek dan batuk menyerang dan juga dapat menghangatkan tubuh.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai manfaat daun kemangi bagi tubuh, adapula manfaat lainnya seperti mencegah penyakit diabetes mengatasi batu ginjal dan juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga Anda akan tampil cantik. Baca juga artikel Cara Alami Menghilangkan Sakit Kepala

Loading...