Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Tanaman kelor atau yang biasa disebut dengan Moringa oleifera merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki bentuk daun lonjong dan ukuran yang kecil. Selain sering dimanfaatkan sebagai sayuran, daun kelor juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut organisasi kesehatan dunia WHO, daun kelor sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Hal ini karena:

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

  • Daun kelor mengandung potasum tiga kali lipat lebih banyak daripada pisang
  • Daun kelor mengandung vitamin C tujuh kali lipat lebih banyak daripada jeruk
  • Daun kelor mengandung protein dua kali lipat lebih banyak daripada susu
  • Daun kelor mengandung kalsium empat kali lebih banyak daripada susu
  • Daun kelor mengandung vitamin A empat kali lipat lebih banyak daripada wortel.

Tak hanya itu saja, WHO juga menobatkan daun kelor sebagai pohon keajaiban (miracle tree). Lalu apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat daun kelor untuk kesehatan.

Khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh

Menurunkan tekanan darah tinggi

Seseorang dikatakan terkena tekanan darah tinggi jika tekanan darahnya lebih dari 120/80 mmHg. Jika tidak segera diatasi hipertensi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Seseorang yang menderita hipertensi harus memenuhi berbagai macam nutrisi, seperti kalsium, vitamin E, zinc dan juga kalium. Dan daun kelor mengandung semua nutrisi tersebut, namun tak hanya itu saja, daun kelor juga kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk mendukung produksi oksida nitrat yang sangat penting untuk menormalkan fungsi pembuluh darah.

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat yang kedua adalah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Sama seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa gejala kolesterol tinggi dalam tubuh adalah obesitas, nyeri dada, dan lainnya. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengonsumsi daun kelor secara teratur. Kandungan vitamin dan nutrisi pada daun kelor sangat baik untuk menurunkan kolesterol LDL.

Membantu mencegah kanker

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Sebuah jurnal Asia Pasific Journal of Cancer Prevention menyatakan bahwa  adanya penurunan yang signifikan dalam papiloma kulit tikus setelah dilakukan percobaan dalam mengonsumsi daun kelor. Sehingga tidak ada salahnya menggunakan daun kelor sebagai obat alami kanker.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain itu, daun kelor juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang Anda ketahui daun kelor mengandung vitamin tujuh kali lipat lebih banyak daripada buah jeruk. Vitamin C tersebut  mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari segala macam penyakit. Tak hanya itu saja daun kelor juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Nah itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan. Selain manfaat diatas, daun kelor juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, mengatasi asam urat dan juga rematik.

Loading...