Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Sejak zaman dahulu jambu biji memang sudah dikenal setiap orang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Namun tak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, daun dari jambu biji juga memiiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan daun jambu biji kaya akan zat sehat, seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan serta flavonoid.

Manfaat Daun Jambu Biji

Selain hanya direbus dan meminumnya, Anda juga dapat memvariasikan minuman dari daun jambu biji. Yaitu teh dari daun jambu biji. Cara mengolahnya pun sangat mudah, yaitu ambil satu genggam daun jambu biji kemudian rendam di dalam air panas selama 15 menit. Setelah itu saring dan air saringannya rebus kembali dengan teh. Untuk menambahkan rasa, Anda juga dapat menambahkan gula ataupun madu.

Setelah mengetahui cara mengolah daun jambu biji, berikut adalah manfaat daun jambu biji yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

Inilah khasiat daun jambu biji untuk kesehatan tubuh

Mengatasi diare

Manfaat yang pertama adalah berguna untuk mengatasi diare. Bagi penderita diare yang mengonsumsi minuman ini, kemungkinan akan mengalami nyeri perut menjadi semakin berkurang, tinja yang lebih sedikit serta dapat membantu proses pemulihan lebih cepat. Hal ini dikarenakan estrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus auresus, yang merupakan bakter penyebab diare.

Mengobati demam berdarah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit berbahaya jika tidak segera ditangani. Siklus demam yang seperti pelana kuda membuat para orang sering kali terkecoh dengan menurunnya demam pada penderita. Selain mendapatkan perawatan medis, Anda juga dapat memberikan obat herbal alami dari daun jambu biji. Teh daun jambu biji sudah terbukti dapat menurunkan demam serta dapat melawan virus di dalam tubuh.

Mengatasi diabetes

Manfaat daun jambu biji selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi diabetes. Kandungan flavonoid pada daun jambu biji dapat membantu Anda untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Oleh karena itu jika Anda memiliki riwayat diabetes dalam keluarga Anda, maka salah satu cara paling efektif untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi teh daun jambu biji secara teratur.

Mengontrol kolesterol

Pada umumnya, kolesterol dibedakan menjadi dua macam, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh tentu saja dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan lainnya. Akan tetapi minum teh daun jambu biji dapat mengontrol kolesterol jahat di dalam tubuh Anda.

Mengobati luka

daun jambu biji juga dapat Anda gunakan sebagai bahan alami untuk mengobati luka. Hal ini dikarenakan kandungan astrigent pada daun jambu biji dapat menghentikan pendarahan yang terjadi. Cara memanfatkannya pun sangat mudah, yaitu tumbuk hingga halus daun jambu biji yang masih muda, kemudian tempelkan pada luka.

Nah itulah beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.