Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

By Categories : Kesehatan

Sudah tahukah Anda apa itu cuka apel? Cuka apel merupakan salah satu pengembangan dari pengolahan buah apel. Seperti yang kita ketahui saat panen, buah ape tentu saja menjadi melimpah selain dijual ke pedagang buah, banyak orang yang mengolahnya menjadi cuka apel. Pada umumnya ada dua jenis  cuka apel, yaitu cuka apel yang terbuat dari fermentasi sari apel dan juga cuka apel yang yang terbuat dari sari apel beralkohol (cider). Lalu apa saja manfaat cuka apel? Cuka apel sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Manfaat Cuka Apel

Khasiat cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan tubuh

Mengobati rematik

Yang  pertama adalah dapat mengobati rematik. Permasalah persendian yang satu ini memang salah satu penyakit yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Hal ini terjadi karena endapan zat asam di sekitar sendi sehingga dapat menganggu kekuatan tulang. Namun Anda jangan khawatir, kandungan kalium pada cuka apel berguna untuk mengurangi endapat kristal asam tersebut. Tak hanya itu saja, kandungan magnesiumnya juga dapat menguatkan tulang.

Menstabilkan tekanan darah

Sejak zaman dahulu apel memang dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. ketika telah difermentasikan menjadi cuka, cuka apel tetap saja memiliki manfaat. Salah satunya yaitu dapat menstabilkan tekanan darah. Cuka apel merupakan sumber serat larut paling baik serta bebas kolesterol dan lemak. Selain itu, cuka apel juga mengandung pektin yang dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Menurunkan berat badan

Manfaat cuka apel berikutnya adalah dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Cuka apel dapat Anda jadikan sebagai bahan alami untuk menunjang program diet Anda. Caranya, hanya dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dalam minuman dan meminumnya. Kandungan beberapa vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Membantu perawatan wajah

Hampir setiap orang menginginkan kulit wajah yang putih, bersih dan terbebas dari jerawat. Selain menggunakan krim anti jerawat, tak ada salahnya menggunakan cuka apel sebagai perawatan wajah alami. Cuka apel berguna untuk membantu menjaga keseimbangan Ph pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan cuka apel di malam hari sebeluum tidur ataupun di pagi hari sebelum menggunakan make up. Selain dapat menjaga kelembaban kulit, cuka apel juga sangat ampuh untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada wajah.

Menyehatkan rambut

Cuka apel juga bermanfaat untuk menjaga kesuburan serta kesehatan rambut. Cara menggunakannya mudah, yaitu gunakan ½ sendok makan cuka apel dal dan secangkir air dingin. Aduk keduanya hingga rata kemudian oleskan  pada rambut.

Nah itulah beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan. Baca juga artikel terkait lainnya manfaat sayur sawi hijau bagi kesehatan.