Manfaat Coklat Hitam untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Coklat merupakan makanan yang banyak digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Rasanya manis dan enak membuat coklat populer di kalangan masyarakat mulai dari anak-anak sampai dengan usia tua. Coklat dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti es coklat, kue, dan masih banyak lagi.

Banyak orang meyakini bahwa coklat merupakan makanan yang dapat digunakan untuk membantu program diet. Perlu kita ketahui tidak selamanya coklat memiliki efek buruk bagi kesehatan, bahkan sebaliknya coklat mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Namun hal tersebut harus sesuai dengan kebutuhan, dan jangan berlebihan. Faktanya seperti coklat gelap atau coklat hitam yang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat coklat hitam bagi kesehatan?

Manfaat Coklat Hitam

Manfaat Coklat Hitam Bagi Tubuh

Kaya Akan Antioksidan

Manfaat coklat hitam yang pertama adalah kaya akan antioksidan. Seperti halnya dengan buah-buahan, sayuran, dan lainnya, coklat hitam mengandung senyawa antioksidan. Nah yang unik dari coklat adalah kandungan antioksidan yang terdapat pada coklat hitam ini mampu melebihi kandungan pada buah blueberry dan acai berry yang dianggap sebagai buah dengan antioksidan terkuat. Selain itu coklat hitam juga memiliki kualitas antioksidan yang dimiliki oleh buah anggur merah dan teh hijau yang juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Menurunkan Kadar Tekanan Darah

Berbagai penelitian menyatakan bahwa coklat hitam dapat meningkatkan aliran darah, serta mampu menurunkan tekanan darah akan tetapi efek yang diberikan tergolong masih ringan. Senyawa bioaktif yang terkandung dalam coklat dapat meningkatkan aliran darah dalam arteri, hal tersebut mampu menurunkan tekanan darah dengan baik. Di samping itu coklat dapat memberikan manfaat bagi kardioveskuler dengan membantu oksida nitrat.

Mampu Meningkatkan Kolestrol Baik (HDL)

Manfaat coklat hitam yang selanjutnya mampu meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi coklat secara rutin dan tidak berlebihan dapat mengurangi ancaman resiko penyakit jantung yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan coklat bubuk mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), serta mampu meningkatkan HDL atau kolestrol baik.

Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Seperti halnya dengan kopi, coklat memiliki kandungan kafein tetapi dalam jumlah sedikit. Kandungan kafein pada coklat dapat berguna untuk otak yang berguna untuk mengatasi pusing dan tidak menyebabkan kepala pusing. Kandungan kafein dalam coklat jauh lebih sedikit yaitu sekitar 30 mg kafein dalam 2 ons coklat, dibandingkan dengan secangkir kopi yang mengandung 200 mg kandungan kafein di dalamnya.

Memperbaiki dan Meningkatkan Suasana Hati

Coklat terkenal mampu meningkatkan dan memperbaiki suasana hati yang sedang kacau. Banyak orang meyakini bahwa dengan mengkonsumsi coklat entah itu dalam berbagai olahan mampu memperbaiki dan meningkatkan suasana hati orang tersebut. Hal tersebut tentu akan membuat orang yang mengkonsumsinya akan merasa bahagia, dan melupakan sejenak masalah yang ada. Jadi ambil coklat dan mengkonsumsi untuk memperbaiki suasana hati Anda yang mungkin sedang kacau.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Manfaat coklat hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko serangan jantung. Menurut para peneliti di University School of Medicine, mengungkapkan bahwa coklat hitam mampu mengurangi risiko penyakit jantung hampir 50%. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit pada darah lebih lambat. Trombosit yang mengalami pembekuan dapat terbentuk dari bekuan di dalam pembuluh darah yang mengakibatkan seseorang terkena serangan jantung.

Proteksi Sinar Matahari

Makanan yang cukup digemari ini mampu melindungi Anda dari efek buruk paparan sinar matahari. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di London mengenai kandungan flavanol di dalam coklat.  Pengujian tersebut dilakukan dengan cara mengonsumsi coklat selama tiga bulan, yakni dengan mengembangkan bahwa efek merah yang menunjukkan awal dari luka bakar. Tetapi coklat yang rendah kandungan flavanik tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.

Mengatasi Diare

Selain jambu biji, coklat hitam juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi diare. Para peneliti dari rumah sakit anak Oakland Research Institute menunjukan bahwa kandungan flavonoid mampu mengikat protein yang dapat mengatur sekresi cairan pada usus kecil yang dapat menghentikan diare.

Meningkatkan Intelijen

Anda dapat mengonsumsi coklat hitam jika mengalami situasi kerja yang dapat membuta Anda tertekan. Coklat hitam dipercaya mampu mengurangi rasa stres pada lingkungan sekitar. Selain itu coklat hitam juga mampu meningkatkan kekuatan otak. Hal ini dikemukakan oleh peneliti dari University of Nottingham bahwa kadungan flavonol dapat berpengaruh dalam peningkatan aliran darah menuju ke bagian kunci dari otak selama hampir tiga jam.

Nah itulah beberapa manfaat coklat hitam bagi kesehatan tubuh, perlu diingat mengkonsumsi coklat memang dianjurkan namun jangan terlalu berlebihan dalam jumlah banyak dalam mengkonsumsinya. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Diet Golongan Darah O

Loading...