Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Cengkeh merupakan salah satu  rempah-rempah yang sangat banyak berasal dari negara indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin eugenia aromatica ini memiliki ciri-ciri pohon yang hanya memiliki tinggi 20 m dan memiliki daun lebat. Bagian yang sangat mudah dikenali dari tanaman cengkeh adalah aromanya yang sangat khas . Aroima ini dihasilkan oleh senyawa eugenol yang merupakan salah satu senyawa utama min atsiri cengkeh. Tanaman khas Indonesia yang satu ini memang sangat dikenal sekali sebagai  bumbu masakan dan bahan utama pembuatan rokok. Bukan hanya itu saja ternyata cengkeh juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat cengkeh bagi kesehatan tubuh, tentu saja tidak lepas dari peranan kandungan di dalamnya. Adapun kandungan cengkeh diantaranya adalah eugenin, asam oleanolat, asam galatanat dan vanillin. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) semua kandungan yang terdapat dalm cengkeh tersebut memiliki manfaat diantaranya mampu menghilangkan rasa sakit, menghangatkan tubuh, dan sebagai pengharum anti bakteri. Nah jika Anda ingin tahu manfaat cengkeh bagi kesehatan lebih jelasanya, Anda perhatikan saja ulasan berikut ini !

Inilah Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

Obat Sakit Gigi

Manfaat cengkeh bagi kesehatan yang sudah sangat dikenal sejak zaman nenek moyang adalah dapat menjadi obat sakit gigi. Caranya cukup dengan menggunakan cengkeh yang sudah di olah menjadi minyak cengkeh. Setelah itu oleskan minyak cengkeh tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu diamkan sampai sakit benar-benar hilang.

Mencegah Peradangan

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat bermanfaat untuk mencegah peradangan. Berbagai kandungan zat aktif seperti flavonoid inilah yang dapat membantu mencegah peradangan, seperti misalnya pada penyakit rematik.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Cengkeh juga memiliki manfaat membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan. Maka oleh karena itu cengkeh dapat membantu meringankan muntah, sakit perut dan diare. Namun dalam penggunaan cengkeh juga harus di sangat diperhatikan karena zat yang cukuo kuat dalam cengkeh dapat menyebabkan iritasi pada lambung jika digunakan secara berlebihan.

Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung merupakan slaah satu penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Namun penyakit jantung dapat diatasi dengan cukup mudah hanya dengan menggunakan cengkeh. Kandungan eugenol pada cengkeh memang berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Mengatasi Jerawat

Bukan hanya untuk kesehatan saja, ternyata cengkeh juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Cara untuk mengatasi jerawat diantaranya adalah cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada jerawat. Setalah itu diamkan beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat cengkeh bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya manfaat telur puyuh bagi kesehatan .