Manfaat Bunga Mawar

By Categories : Kesehatan

Kemarin sudah membahas mengenai manfaat buah alpukat untuk kesehatan, namun pembahasan kali ini sedikit berbeda yaitu mengenai manfaat bunga mawar. Bunga Mawar mempunyai nama latin Rosa canina yang merupakan tanaman hias yang dapat menghasilkan bunga dengan warna yang indah. Bunga mawar biasanya digunakan oleh salon sebagai obat untuk kecantikan sebagi pembersih alami.

Bunga mawar dijadikan banyak orang sebagai lambang cinta terutama mawar merah. Di Indonesia sendiri bunga ini dijadikan sebagai bunga hias yang biasa untuk menghiasi ruangan, dan lain sebagainya. Tetapi, dibalik keindahan warnanya ternyata bunga mawar ini mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lalu apa saja manfaat bunga mawar? Untuk mengetahuinya berikut adalah ulasan yang dapat anda baca.

Bunga Mawar

Manfaat Bunga Mawar

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat bunga mawar yang pertama adalah mencegah penyakit jantung. Dalam dunia kesehatan, bunga mawar dijadikan sebagai obat yang dapat mencegah penyakit jantung. Banyak orang percaya bahwa bunga mawar mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah dapat mencegah penyakit jantung.

Dapat Menghilangkan Jerawat

Air dari bunga mawar merupakan bahan pembersih alami yang mengandung kaya akan antioksidan dan mampu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Biasanya salon menggunakan bunga mawar sebagai bahan perawatan. Jika anda ingin mencobanya dirumah cukup dengan cuci wajah Anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan bunga mawar, lakukan sesuai kebutuhan Anda.

Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat bunga mawar berikutnya adalah merawat kesehatan kulit. Bunga mawar dapat menjaga keseimbangan pH alami kulit dengan cara mencampurnya dengan air. Air dari bunga mawar ini dapat menyeimbangkan produksi kelenjar sebum pada kulit. Hal ini dapat digunakan baik untuk kulit Anda yang berminyak maupun untuk kulit kering. Selain itu air dari bunga mawar ini juga mampu untuk melawan berbagai penyakit kulit serta kusam.

Lihat juga: Cara merawat bunga anggrek hitam yang cantik

Menjaga Kesehatan Rambut

Air mawar juga baik untuk menjaga kesehatan rambut, karena dilengkapi dengan penyejuk alami yang dapat melembapkan kulit kepala. Cukup dengan menuangkan beberapa tetes air mawar saat keramas bersama dengan sampo sehingga menciptakan aroma khas harum. Selain itu Anda juga dapat menggunakannya setelah keramas, dengan menuangkan pada rambut yang masih basah, dengan pijitan lembut. Air mawar dapat mengatasi juga masalah peradangan di kulit kepala dan dapat memberantas ketombe.

Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Mata lelah dan lingkaran gelap yang sering terlihat pada bawah mata dapat diatasi dengan menggunakan air mawar. Air dari bunga mawar ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan lingkaran gelap pada bawah mata. Caranya cukup mudah dengan meneteskan 2-3 tetes pada mata, lalu pejamkan mata selama beberapa menit untuk membersihkan mata. Lakukan dengan rutin untuk menghindari infeksi pada mata.

Nah itulah beberapa manfaat bunga mawar untuk kesehatan dan kecantikan. Di balik kecantikan bunganya, ternyata bunga mawar mempunyai banyak khasiat positif bagi tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Antivirus yang Bagus untuk Android

loading...