Manfaat Bunga Kenanga Untuk Atasi Berbagai Penyakit

By Categories : Kesehatan

Bunga kenanga atau yang sering disebut bunga kenongo dalam bahas Jawa merupakan salah satu bunga yang sering digunakan sebagai bunga sesaji di dalam ritual jawa. Seperti digunakan dalam upacara adat yang dicampur dengan bunga mawar, melati da direndam di dalam air yang memiliki nama “air bunga setaman”. Selain itu bunga kenanga dalam masyarakat jawa sering digunakan sebagai parfum alami yang menunjukkan kelembutan tersendiri bagi pemakainya. Menurut DR. Martha Tilaar salah satu pengemuka “wanita kecantikan timur” bahwa bunga kenanga merupakan salah satu bahan alami rahasia kecantikan wanita jawa.

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Atasi Berbagai Penyakit

Bunga yang memiliki nama latin Canangium odoratum baill adalah tumbuhan yang masih dalam keluarga Annonaceae atau bunga yang memiliki nama khas atau khusus atau yang dikenal dengan parfum pohon. Oleh karena itu sangat wajar sekali jika banyak yang menggunakan bunga kananga sebagai parfum alami. Nah bukan hanya itu saja, ternyata bunga kenanga juga bermanfat bagi kesehatan dalam mengatasi berbagai jenis penyakit dalam tubuh. Hal ini dikatenakan bunga kenanga memiliki kandungan zat flavonoida, saponin, polifenol dan minyak atsiri. Dari berbagai macam kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya adalah sebagai berikut :

Inilah Beberapa Manfaat Bunga Kenanga Atasi Berbagai Penyakit

Jamu Setelah Melahirkan

Pada zaman dahulu manfaat bunga kenanga sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai obat setelah melahirkan. Dimana berfungsi untuk memulihkan kondisi tubuh yang masih lelah seusai proses persalinan. Adapun cara membuat ramuan bunga kenanga yaitu tumbuk halus bunga kenagan bersama kunyit, kayu rapet dan pegatsih menjadi satu. Setelah itu rebus hingga mendidih kemudian saring lalu minum secara rutin setiap hari dua kali.

Mengatasi Penyakit Bronkhitis

Bronkhitis adalah penyakit yang menyerang bagian brounkus manusia. Penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan bunga kenanga. Hal ini dikarenakan pengaruh dari kandungan zat flavonoida di dalam bunga kenanga. Adapun cara memanfaatkan bunga kenanga diantaranya yaitu cukup dengan menumbuk halus  satu kuntum bunga kenanga ke dalam satu gelas air. Diamkan beberapa menit, setelah itu saring dan minum secara teratur.

Mengatasi Penyakit Kulit

Salah satu masalah kulit yang dapat diatasi dengan menggunakan bunga kenanga adalah kudis. Adapun caranya sangatlah mudah yaitu dengan menghaluskan beberapa kuntum bunga kenanga kemudian oleskan pada bagian kulit yang sakit atau kudisan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin.

Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat bunga kenanga untuk atasi berbagai penyakit yang dapat Anda ketahui. Nah dengan begitu jika kita sering menganggap bunga kenanga identik dengan berbau mistis. Tapi dengan penjelasan kali ini ternyata bunga kenanga banyak memiliki manfaat yang tidak begitu banyak kita ketahui seperti yang sudah dijelakan di atas.

loading...
terms: manfaat bunga kenanga atasi berbagai penyakit