Manfaat Buah Semangka

By Categories : Kesehatan

Buah semangka merupakan buah yang memiiki warna daging dominan merah dan nejis buah yang berair. Buah ini banyak di sukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan segar. Buah semangka sangat cocok di konsumsi atau di buat minuman saat panas atau di siang hari. Kandungan di dalam buah semangka hampir 90 % adalah air.
Anda dapat menemukan buah segar ini di pasar tradisional atau bahkan pasar modern. Di samping penghilan dahaga karena rasanya yang segar dan kandungan air yang mendominan, buah ini juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat buah semangka bagi kesehatan?

Kali ini akan mengungkapkan mengenai manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh, langsung saja di bawah ini merupakan informasi mengenai manfaat buah semangka. Manfaat buah semangka yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat menyehatkan serta memelihara buah kesehatan mata. Hal ini di sebabkan karena adanya kandungan betakaroten yang akan di ubah di dalam tubuh menjadi vitamin A, sehingga santa berperan untuk membantu kesehatan mata.

foto semangka
Manfaat yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung betakaroten yang di ubah di dalam tubuh menjadi vitamin A, semangka juga mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C ini dapat meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit di saat musim kurang baik, selain itu vitamin C juga mencegah gusi berdarah serta sariawan.
Manfaat buah semangka juga dapat memperkuat dan menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya mengandung vitamin A, vitamin C, buah semangka ternyata juga mempunyai kandungan kalium. Kita mengetahui bahwa kalium sangat berperan bagi tubuh terutama kesehatan tulang. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi buah semangka ini, tulang dan sendi pada tubuh akan lebih sehat dan kuat.
Manfaat buah semangka yang berikutnya adalah mengurangi lemak pada tubuh dan cocok di gunakan untuk program diet. Untuk anda yang sedang menjalankan program diet, buah semangka ini sangat cocok untuk program diet anda. Hal ini di karenakan semangka termasuk buah yang kaya kandungan citruline yang berfungsi sebagai mengurangi lemak yang berlebih pada tubuh anda namun anda tetap mendampinginya dengan olahraga teratur agar diet anda maksimal.
Manfaat semangka yang kelima adalah melindungi diri dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas yang sering kita jumpai seperti asap kendaraan, asap pabrik, asap rokok serta udara kotor. Semua hal tersebut memang dapat memicu masuknya radikal bebas ke tubuh kita yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh sebab itu sangat di sarankan untuk mengkosumsi buah semangka yang mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas atau zat berbahaya yang masuk ke tubuh seseorang.
Itulah daftar mengenai ke 5 manfaat buah semangka yang dapat membantu anda untuk mengetahui apa saja manfaat dari buah segar dan lezat yaitu semangka, sekian dan semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda.

Loading...