Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Buah salak merupakan buah yang banyak kita temukan disekitar kita. Buah salak banyak tumbuh secara liar ataupun dibudidayakan di Indonesia khususnya Jawa Bagian Barat. Buah ini memang banyak disukai oleh semua orang selain mudah di dapatkan dengan harga yang terjangkau, ternyata buah salak memiliki banyak manfaat di dalamnya bagi kesehatan. Di Indonesia buah salak ternyata memiliki beberapa jenis diantranya salak bali, salak pondok, salak madura dan salak condet. Apapun  jenis salak tersebut tetap memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan. Nah sebelum kita membahas mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan, terlebih dahulu kita ketahui kandungan gizi yang terdapat dalam buah salak.

manfaat buah salakKandungan Gizi Buah Salak
Buah salak selain memiliki rasa yang manis asam ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang terdapat di dalamya. Diantaranya memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan berbagai kandungan vitamin di dalamnya. Itulah kandungan yang terdapat di dalam buah salak, tak jarang juga buah salak menjadi makanan menu diet yang dipercaya sangat bagus hasilnya. Nah langsung saja perhatikan ulasan berikut ini mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut !

Inilah Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizi yang begitu lengkap di dalam buah salak, maka sangat wajar sekali jika buah salak memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Hanya dengan mengonsumsi buah salak secara teratur, manfaat yang di dapatkan bagi kesehatan sangatlah banyak. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut !

Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat buah salak yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan buah salak memiliki kandungan beta karoten yang cukup banyak di dalamya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Menurut sebuah penelitian badan kesehatan, menyatakan bahwa buah salak memiliki kandungan beta karoten sebanyak 5.5 kali lebih  banyak di bandingkan dengan buah mangga.

Meningkatkan Kinerja Otak
Buah salak atau yang sering disebut dengan snake fruit karena kulitnya yang mirip dengan betuk kulit ular ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Hal ini tentu saja ada kaitanya dengan kandungan potassium dan prostat yang terdapat di dalamnya. Kandungan potassium di dalam tubuh dimanfaatkan oleh sistem saraf untuk pengendali detak jantung yang berperan untuk meningkatkan kinerja otak. Selain itu menurut penelitian yang di publikasikan pada jurnal ” Integrative Cancer Therapies” kandungan pektin yang terdapat dalam buah salak memiliki manfaat untuk mencegah dan mengobati kanker dalam tubuh.

Membantu Progam Diet
Seperti yang sudah dijelaskan di atasi mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan. Ternyata buah salak sangat banyak di manfaatkan untuk makanan progam diet. Hal ini dikarenakan buah salak banyak mengandung serat di dalamnya yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Nah itulah penjelasan menganai manfaat buah salak untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Buah Bit  bagi Kesehatan Tubuh.

Loading...