Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Pepaya merupakan salah satu buah yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Pepaya memiliki nama latin Carica papaya dan termasuk dalam keluarga Caricaceae. Pohon pepaya mulanya berasal dari daerah Meksiko yang bisa di tanam dalam pekarangan kebun dan rumah. Buah pepaya yang sudah masak berwarna merah muda atau oranye dengan ciri khas manis serta mengandung banyak air.

Meski buah pepaya termasuk ke dalam buah yang mudah didapatkan dan harganya yang murah, namun buah ini memiliki banyak khasiat dan manfaat yang terkandung bagi kesehatan tubuh selain itu juga bermanfaat untuk ibu hamil. Lalu apa saja manfaat buah pepaya untuk ibu hamil? Berikut ini adalah manfaat buah pepaya yang bermanfaat bagi ibu hamil.

manfaat buah pepaya

Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

Mempercepat Proses Pencernaan pada Protein

Dalam buah pepaya memiliki kemampuan dalam mempercepat proses pencernaan pada protein. Mencerna protein merupakan suatu masalah utama yang pada umumnya dihadapi oleh kebanyakan orang dalam pola makan sehari-hari. Tubuh manusia mempunyai keterbatasan dalam mencerna protein dalam makanan yang disebabkan oleh kurangnya pengeluaran asam hiroklorat pada lambung.

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Manfaat pepaya bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu pengaturan asam amino yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan cara efektif ini maka sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil maupun bagi kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah pepaya memang sudah dikenal banyak orang dan secara ilmiah dapat mempelancar buang air besar. Namun tidak hanya itu saja melainkan juga dapat membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat dan antioksidannya yang mampu mengangkat serta membersihkan pada bagian usus dnegan membawanya melalui saluran pembuangan.

Memecah Protein menjadi Arginin

Papain dalam pepaya dapat memecah protein menjadi arginin. Senyawa arginine tersebut merupakan salah satu asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa diperoleh melalui makanan misal seperti ragi, telur, dan makanan lainnya. Tetapi jika enzim papain ini terlibat pada proses pencernaan protein, secara alami maka sebagian protein dapat diubah menjadi arginin. Baca juga Manfaat Coklat Hitam

Mempercepat Pencernaan Lemak dan Kabohidrat

Enzim papain juga mampu memecah serat-serat pada daging, sehingga membuat daging lebih mudah untuk dicerna. Tidak heran jika kebanyakan orang menggunakan pepaya untuk dijadikan bahan dalam membuat lunak daging, terutama dalam pembuatan sate atau masakan semur.

Mencegah Perkembangbiakan Bakteri

Manfaat buah pepaya berikutnya adalah mencegah perkembangbiakan bakteri yang berada dalam usus. Buah pepaya memiliki antiseptik, serta mampu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan. Selain itu buah pepaya juga membantu menormalkan pH usus sehingga usus menjadi normal dan lebih terjaga.

Nah itulah pembahasan mengenai manfaat buah pepaya untuk ibu hamil dan untuk kesehatan tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Makna Motif Kain Batik

terms: pepaya untuk ibu hamil