Manfaat Buah Nangka

By Categories : Kesehatan

Buah nangka merupakan buah yang mengandung serat tinggi serta bau dan rasa yang khas. Buah ini pada umumnya mudah ditemukan di kawasan Asia seperti Indonesia, Sri Lanka, dan negara Asia lainnya. Daging buah nangka ini dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia.

Selain bau yang membuat unik buah ini, tetapi juga rasa manis ketika dimakan. Kandungan dalam buah nangka seperti kalsium, zat besi, seng, dan berbagai zat lainnya. Bagi seseorang yang menderita penyakit jantung buah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Lalu apa saja sebenarnya manfaat buah nangka? Simak ulasan dibawah ini!

Manfaat Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka

1. Manfaat buah nangka yang pertama adalah mampu melindungi tiroid. Kandungan buah nangka seperti Mineral mikro dan juga tembaga ternyata mampu menjaga kefektifan metabolisme kelenjar tiroid dalam tubuh. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk memproduksi hormone dan juga penyerapan.

2. Manfaat selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Seperti halnya dengan buah lainnya yang mengandung vitamin D. Nah buah nangka ini baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak muda yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang mereka. Apalagi sebaiknya menjaga kesehatan tulang dilakukan sejak usia dini. Nangka mengandung akan magnesium yang dapat memperkuat tulang dan juga mencegah penyakit tulang seperti pengeroposan tulang atau disebut dengan osteoporosis.

3. Memperlancar pencernaan pada manusia. Kandungan serat yang tinggi pada buah nangka dapat membantu memperlancar buang air besar dan juga mencegah sembelit terjadi, mengingat sembelit merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang sangat mengganggu. Di samping itu buah nangka juga mampu memperlancar gerakan pada usus.

4. Menjaga kesehatan mata dan kulit. Tidak hanya mampu menjaga sistem pencernaan saja, tetapi buah nangka mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan juga kelembutan pada kulit. Buah nangka juga mampu mencegah kelainan dan gangguan pada mata seperti degenerasi macula, rabun senja, dan gangguan mata lainnya.

5. Sifat anti kanker dan juga anti penuaan menjadi manfaat berikutnya buah ini. Hal ini dikarenakan kandungan dalam buah nangka seperti phyto-nutrisi dan juga vitamin C yang dapat menjauhkan Anda yang mengkonsumsi buah nangka terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker, dan juga penyakit degeneratif pada sel yang dapat memperlambat penuaan dan tubuh.

6. Nangka tidak mengandung lemak jenuh atau disebut dengan kolestrol. Gula alami yang terdapat pada nangka seperti sukrosa dan juga fruktosa sangat baik sebagai sumber energi pada tubuh. Nah bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas seharian, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi buah nangka, karena buah ini sebagai sumber energi untuk tubuh Anda.

7. Kandungan kalium pada nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah. Bagi Anda yang memiliki riwayat penakit jantung dan juga memiliki darah tinggi sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Itulah tadi pembahasan beberapa manfaat buah nangka, baca juga artikel menarik lainnya Adat Pernikahan Minangkabau