Manfaat Buah Melon

By Categories : Kesehatan

Buah melon mempunyai nama latin curcumis melo, yang masih bersaudara dengan buah blewah, labu serta buah semangka. Daging buah melon memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang manis, menyegarkan sehingga banyak orang yang menyukainya. Biasanya buah melon dikonsumsi dengan cara di buat jus, di makan langsung dengan keadaan dingin, campuran minuman es campur, dan lain sebagainya.

Selain rasanya segar dan nikmat, buah melon menyimpan banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Seperti halnya buah semangka, buah melon mempunyai kandungan kadar air yang cukup tinggi. Lalu pertanyaannya apa saja manfaat buah melon? Jawabannya dapat Anda temukan, dalam pembahasan dibawah ini, berikut adalah ulasannya.

manfaat buah melon

Manfaat Buah Melon

Kaya akan Sumber Vitamin A

Kandungan dalam buah melon mengandung banyak vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Vitamin A berguna sangat baik untuk kesehatan mata, gigi, kulit, selaput lendir, serta tulang. Di dalam satu buah melon terdapat 25% lebih kandungan vitamin A dari kebutuhan harian. Bagi Anda yang ingin hidup sehat mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan langkah yang tepat, tentunya juga mengkonsumsi buah melon.

Mencegah Diabetes dan Stroke

Penyakit diabetes dan stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Biasanya penyakit Diabetes dapat diturunkan jika orang tua mempunyai riwayat penyakit tersebut. selain itu kedua penyakit tersebut juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, makan-makanan mengandung kolestrol tinggi, makan makanan manis tak terkendali, jarang olahraga, dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi buah melon dan diimbangi dengan hidup sehat maka anda dapat terhindar dari kedua penyakit tersebut. Buah melon yang rendah kalori dan rendah lemak mampu mengurangi resiko terkena penyakit stroke dan diabetes.

Mencegah Kanker

Manfaat buah melon yang selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Kandungan Karotenoid adalah pigmen sebagai pemberi warna alami pada buah dan sayuran. Kandungan Karotenoid yang tinggi pada buah melon dapat mencegah penyakit mematikan seperti serangan kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain terdapat kandungan Karotenoid, buah melon juga mengandung Kalium dan Potassium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah pada tubuh agar tetap stabil. Setiap harinya orang dewasa membutuhkan sekitar 4700 mg kalium. Hanya dengan mengkonsumsi secangkir jus melon, maka Anda sudah mendapatkan 43 mg kalium yang diserap oleh tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah melon yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit, maka Anda membutuhkan kandungan kolagen. Kandungan kolagen berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit agar terlihat kencang dan sehat. Kolagen di dalam buah melon akan membuat kulit terjaga kesehatannya serta tampak lebih halus dan selalu kencang. Baca juga Manfaat Bunga Mawar

Menyediakan Nutrisi untuk Tulang dan Gigi

Buah melon ternyata menyediakan juga nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan tulang. Hal ini dikarenakan, buah melon juga mengandung vitamin C yang cukup besar. Vitamin C juga berperan besar dalam membantu dan menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Nah itulah pembahasan mengenai info kesehatan manfaat buah melon, yang dapat menambah pengetahuan anda. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Kacamata Hitam untuk Wajah Bulat