Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Buah markisa atau Passiflora edulis merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis dan asam. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis tanaman markisa, namun yang paling populer dan yang paling sering dikonsumsi dalah jenis markisa kuning dan ungu. Sama seperti buah pada umumnya, markisa juga memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah markisa adalah vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, niasin, beta karoten, asam nitrat, antioksidan dan lainnya. pada umumnya, kandungan nutrisi tersebut sangat bagus saat digunakan untuk diet. Namun tak hanya itu saja, untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Inilah manfaat buah markisa bagi kesehatan

Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah markisa yang pertama adalah untuk mencegah penyakit kanker. Seperti yang Anda ketahui kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi setiap orang. Namun Anda jangan khawatir, Anda dapat mencegah penyakit mematikan tersebut dengan menggunakan buah markisa. Hal ini karena markisa merupakan sumber akan antioksidan dan memiliki sifat anti karsinogenik.  Sehingga markisa sangatlah bermanfaat untuk menangkal segala makanan yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker) dan juga dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Melencarkan pencernaan

Serat merupakan salah satu nutrisi yang berguna untuk mengatasi kolesterol yang menumpuk dalam tubuh dan juga dapat melancarkan pencernaan. Dalam 100 gram daging buah markisa mengandung 27% serat. Sehingga mengonsumsi markisa dengan takaran yang tepat dapat melindungi selaput usus, mengeluarkan racun dalam tubuh, melancarkan buang air besar dan juga dapat mencegah kanker usus besar.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah markisa selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata.  Mata merupakan salah satu alat indera manusia yang berguna untuk melihat segala sesuatu yang ingin kita lihat. Kandungan betakaroten, flavonoid dapat membantu mata agar tetap sehat. Selain buah markisa, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dapat membantu melindungi tubuh agar terhindar dari kanker rongga mulut dan juga kanker paru-paru.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sejak zaman dahulu, vitamin C dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Pada buah markisa sendiri kandungan vitamin C lebih dari 100 % dari total asupan yang diperlukan vitamin C untuk tubuh. Vitamin C juga  berguna sebagai antioksidan yang berperan dalam menangkal segala jenis penyakit yang menyerang tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan. Selain itu buah markisa juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi, melancarkan ASI bagi ibu menyusui, pereda nyeri dan juga sebagai anti inflamasi atau anti peradangan.