Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Buah yang memiliki warna merah keunguan yang satu ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan buah lainnya. Banyak orang yang menyukai buah manggis karena beberapa alasan. Buah manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana. Saat sudah matang buah mangis akan berwarna merah keunguan dan terkadang ada juga yang berwarna kecoklatan sementara untuk buahnya berawarna putih.

Dibalik itu semua ternyata buah manggis memiliki banyak kandungan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Setelah ditemukan berbagai penelitian terhadap buah manggis ini banyak orang yang menggunakannya sebagai kebutuhan untuk menjaga kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah manggis untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini!

Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Mencegah Penyakit Kanker

Senyawa yang terdapat pada buah manggis seperti xanthone atau sebagai senyawa anti-kanker ini bermanfaat untuk mencegah dan memperlambat tumbuhnya sel kanker pada tubuh tepatnya pada usus besar, serta kanker hati. Bahkan yang menakjubkan kandungan tersebut dapat mencegah tumbuhnya sel-sel penyebab terjadinya leukemia pada tubuh.

Mencegah Terjadinya Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang dapat mengancam siapa saja. Seseorang yang mengkonsumsi buah manggis akan sering mengalami batu ginjal. Hal tersebut dapat membuat orang tersebut akan terhindar dari penyakit batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal usahakan untuk mengonsumsi buah manggis secara rutin minimal sekitar 3 ons dalam setiap harinya.

Mampu Menurunkan Berat Badan Tubuh

Buah manggis sangat cocok untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet. Selain untuk pencegah penyakit kanker, senyawa xanthone yang terdapat dalam buah manggis ternyata juga sangat bermanfaat untuk melunakkan kembali sel sel membran yang sudah membesar pada besarnya tubuh seseorang. Hal ini tentu dapat menurunkan berat badan dan cocok untuk seseorang yang melakukan program diet. Baca juga 5 Universitas Terbaik di Indonesia

Menangkal Radikal Bebas serta Kekebalan pada Tubuh

Buah manggis seperti halnya buah lainnya yang juga dapat menangkal radikal bebasĀ pada tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya Catechins yang ada pada buah manggis. Senyawa tersebut ternyata mampu mengalahkan vitamin C dan juga vitamin E yang ada pada tubuh. Padahal vitamin-vitamin tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh dalam menangkal radikal bebas. Dengan begitu mengonsumsi buah manggis merupakan hal yang baik dalam terhindar dari radikal bebas, dan tentunya akan menjadi antioksidan alami yang berasal dari buah tersebut.

Mencegah Terjadinya Serangan Jantung dan Diabetes

Penyakit jantung terjadi karena pembuluh darah pada sekitar jantung mengalami penyumbatan atau kehilangan elastisitasnya. Oleh karena itu untuk memulihkan elastisitas pembuluh darah tersebut, sebaiknya mengonsumsi buah manggis. Hal ini dikarenakan kandungan dari antioksidan dan juga antimikorbialnya dalam buah tersebut. Tidak hanya itu saja buah manggis juga dapat mencegah terjadinya penyakit gula atau diabetes, karena berkat kandungan xanthone dalam buah manggis.

Nah itulah pembahasan mengenai manfaat buah manggis untuk kesehatan, baca juga artikel Cara Merawat Kulit Kering pada Wajah

Loading...