Inilah Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Kurma merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh orang dan tentu sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Buah ini mempunyai rasa manis dan lezat untuk dimakan. Biasanya buah kurma dapat ditemui di supermarket atau toko buah. Seperti buah-buah lainnya, buah kurma memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Arab Saudi dan beserta negara Timur Tengah lainnya merupakan negara yang terkenal sebagai penghasil biah kurma. Karena khasiat dan manfaatnya yang baik bagi kesehatan, banyak orang mengkonsumsinya. Lalu apa saja manfaat buah kurma bagi kesehatan? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini adalah ulasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

M

Manfaat Buah Kurma untuk Tubuh

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat buah kurma yang pertama adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Seiring dengan bertambahnya umur, kepadatan dan kekuatan tulang juga akan menurun. Kandungan di dalam buah kurma terdapat sumber mineral serta selenium, magnesium, mangan, serta tembaga. Nah kelima zat tersebut merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi dari pengeroposan tulang.

Penangkal Anemia

Penyakit anemia merupakan penyakit kekurangan darah yang dikarenakan penderita kekurangan zat besi. Zat besi adalah suatu zat yang ada pada hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan oksigen yang bertujuan untuk pembawa oksigen dalam darah.  Di dalam buah kurma mengandung zat besi yang sangat baik untuk penderita anemia atau kekurangan darah, jadi untuk Anda yang mengalami gejala anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

Memaksimalkan Kinerja Otak

Manfaat buah kurma bagi kesehatan berikutnya adalah dapat memaksimalkan kinerja dari otak. Kurma menjadi salah satu buah yang sangat baik bagi organ Otak Anda. Hal ini dikarenakan. Di dalam buah kurma terkandung kalium yang berfungsi sebagai meningkatkan kesehatan serta kecepatan berpikir pada otak. Bagaimana sangat bermanfaat bukan? Baca juga Manfaat Jus Tomat

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Seperti hal buah-buah lainnya, buah kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kurma merupakan buah yang mengandung jumlah serat yang tinggi serta asam amino yang bermanfaat untuk membantu proses pencernaan makanan yang dapat berlangsung lebih baik lagi dan efisien. Sehingga dengan begitu mampu meringankan kerja sistem pada pencernaan seseorang. Selain itu buah kurma juga mampu mengatasi gejala seperti sembelit secara alami.

Mengurangi Reaksi Alergi

Manfaat buah kurma selanjutnya adalah mampu mengurangi reaksi alergi pada tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa senyawa sulfur organik yang terkandung dalam buah kurma sangat baik pada seseorang yang sering mengalami alergi pada tubuh mereka. Nah jadi Anda yang mempunyai alergi pada tubuh, mengkonsumsi buah kurma merupakan ide bagus.

Konstipasi

Kurma dikategorikan sebagai makanan pencuci perut. Hal ini yang menyebabkan banyak orang mengonsumsi kurma untuk mengatasi konstipasi. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat merendam kurma dengan air selama satu malam. Setelah itu konsumsi kurma yang sudah berbentuk sirup tersebut. Buah kurma memiliki serat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan perut dan memperlancar saat buang air besar.

Gangguan Usus

Manfaat buah kurma bagi kesehatan lainnya adalah dapat mengatasi gangguan usus. Buah ini mengandung nikotin yang baik untuk kesehatan usus. Dengan mengonsumsi buah kurma secara teratur dapat menghambat tumbuhnya mikroorganisme patologis  serta membantu menstimulasi bakteri yang baik untuk tubuh. Kurma juga mengandung serat yang larut dan tidak larut serta asam amin yang berguna agar pencernaan makanan lebih efisien. Hal ini berarti banyak nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh.

Menaikkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan disarankan untuk mengonsumsi kurma secara rutin. Hal ini karena buah kurma mengandung gula, vitain, dan protein yang penting untuk menaikkan berat badan. Jika Anda mengonsumsi kurma dengan mentimun maka berat badan Anda akan terjaga secara normal dan seimbang. Da;am satu kilogram kurma mengandung 3.000 kalori. Kandungan kalori pada kurma mampu mencukupi asupan kalori pada tubuh manusia. Namun Anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan lain. Selain itu, kurma juga mampu untuk mengolah otot tubuh menjadi lebih baik.

Meningkatkan Energi

Buah kurma mengandung gula alami yang  cukup tinggi seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Untuk itu, buah ini dapat Anda jadikan sebagai cemilan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Kandungan dalam kurma mampu meningkatkan energi tubuh secara cepat. Kebnyakan orang di dunia mengonsumsi buah kurma pada sore hari sebagai cemilan saat mereka merasa ngantuk atau letih.

Nah itulah mengenai beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel Manfaat jus tomat

Loading...