Manfaat Buah Kelapa

By Categories : Kesehatan

Buah kelapa merupakan buah yang sangat bermanfaat dan berguna untuk menunjang kehidupan manusia. Semua bagian dari pohon kelapa dimanfaatkan oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari daun kelapa yang dimanfaatkan untuk membuat ketupat, lidi dan seratnya kelapa dapat dibuat sebagai sapu lidi, pelepah serta batangnya dimanfaatkan sebagai kayu bakar, serta buah kelapa yang dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi mengenai buah kelapa ini, rata-rata orang menyukai buah kelapa untuk di minum airnya serta diambil buahnya. Apalagi buah kelapa terkenal dengan kesegarannya serta dapat menyehatkan tubuh. Lalu apa saja manfaat buah kelapa bagi kesehatan? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

manfaat buah kelapa

Manfaat Buah Kelapa

Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

Salah satu manfaat buah kelapa adalah dengan meningkatkan sistem imun pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kelapa akan berdampak besar pada meningkatnya sistem imun atau kekebalan pada tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit. Hal tersebut dikarenakan buah kelapa yang bersifat sebagai anti virus, anti bakteri, serta anti jamur.

Untuk Kesehatan Tulang

Setiap orang menginginkan tulang yang kuat terutama bagi seseorang yang sudah berusia lanjut. Untuk menjaga kesehatan tulang terdapat banyak cara salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah kelapa. Buah kelapa mengandung sumber kalsium dan magnesium yang tinggi, bagus untuk kesehatan tulang. Oleh sebab itu untuk mengurangi resiko pengeroposan tulang atau osteoporosis alangkah baiknya jika mengkonsumsi buah kelapa. Baca juga Manfaat Minyak Zaitun

Sistem Pencernaan yang Lebih Lancar

Kandungan serap yang cukup tinggi pada buah kelapa, menjadikan buah ini sangat baik untuk membantu memperlancar sistem pencernaan agar lebih sehat. Sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit atau gangguan buang air besar dapat teratasi dengan rutin mengkosumsi buah kelapa. Apalagi mengingat sembelit atau susah buang air besar hal yang sangat menjengkelkan bagi kebanyakan orang.

Rambut yang Sehat dan Terlihat Alami

Manfaat buah kelapa yang selanjutnya adalah membuat rambut yang sehat dan terlihat alami. Langkahnya cukup mudah dengan rutin membasahi rambut dimalam hari dengan minyak kelapa, dan mencucinya dengan air dingin pada keesokan harinya. Hal ini mampu meningkatkan kesehatan pada rambut di kulit kepala.

Menurunkan Kadar Tekanan Darah

Para peneliti menunjukkan bahwa santan yang berasal dari buah kelapa mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Santan memiliki kandungan potasium yang tinggi dan diyakini mampu untuk menurunkan tekanan darah. Namun perlu diingat Anda juga perlu harus waspada dan hati-hati, karena kandungan kolestrol pada santan juga tinggi.

Pengganti Cairan Tubuh

Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan elektrolit dalam air kelapa sama dengan kandungan cairan yang ada pada tubuh manusia. Jika Anda selesai melakukan olahraga maka banyak cairang yang terbuang, Anda dapat mengkonsumsi air kelapa untuk menggantikan cairan pada tubuh yang hilang agar tidak terkena dehidrasi.

Nah itulah pembahasan mengenai manfaat buah kelapa yang bagus untuk kesehatan tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel lainnya Tips Liburan Hemat ke Singapura