Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Manfaat buah jambu biji bagi kesehatan memang sudah sangat terkenal khususnya masyarakat Indonesia. Buah yang memiliki nama latin psidium guayava yang masih masuk dalam keluarga myrtaceace. Buah jambu biji banyak hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Di beberapa daerah buah jambu biji secara umum lebih banyak disebut dengan  buah jambu klutuk atau jambu siki. Memiliki rasa yang beragam diantaranya manis dan  asam ini membuat banyak disukai oleh semua orang. Selain rasannya yang enak dan membuat ketagihan, ternyata jambu biji ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Berkaitan manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tentu saja tidak lepas dengan kandungan di dalamnya. Adapun kandungan buah jambu biji diantaranya vitamin C, serat, mineral, magnesium, serta asam amino esensial dan asam korbigen. Lantas apa saja manfaat buah jambu biji bagi kesehatan ? Berikut adalah penjelasannya !

Inilah Manfaat Buah jambu Biji Bagi Kesehatan

Sebagai Antioksidan

Manfaat buah jambu biji bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai antioksidan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya yang bertindak sebagai  antioksidan. Selain itu ternyatan kandungan vitamin bukan hanya berperan sebagai antioksidan, melainkan juga dapat berperan sebagai sintensis kolagen dalam tubuh manusia. Senyawa-senyawa antioksidan tersebut berperan untuk mengurangi resiko pada kanker dan kerusakan terhadap sel akibat radikal bebas.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah jambu biji memiliki kandungan betakaroten dan vitamin A tinggi, yang memiliki manfaat utama untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat yang sama, ternyata selain bisa di dapatkan melalui buah jambu biji juga bisa di dapatkan pada buah wortel dan ubi jalar.

Membantu Proses Penyerapan Nutrisi

Manfaat buah jambu biji selanjutnya adalah berperan sebagai proses penyerapan nutrisi dalam tubuh manusia secara optimal. Hal ini karena dipengaruhi oleh kandungan mineral yang sangat tinggi di dalamnya. Kualilitas penyerapan nutrisi dengan baik dalam tubuh juga dipengaruhi dari faktor makanan yang di konsumsi sehari-hari.

Efek Relaksasi

Di dalam jambu biji memiliki manfaat sebagai proses relaksasi atau pengenduran otot dan saraf dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pengaruh dari kandungan magnesium di dalam buah jambu biji.  Jadi buah jambu biji ini memang sangat baik dikonsumis setelah kita melakukan pekerjaan yang sangat berat untuk membuat otot menjadi rileks.

Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat buah jambu biji yang terakhir adalah berperan menjaga kesehatan kulit. Diantaranya dapat membantu meningkatkan warna kulit wajah, sebagai anti penuaan, toner alami, dan berperan sebagai obat semua jenis masalah kulit.

Nah itulah penejelasan mengenai manfaat buah jambu biji bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Baca artikel terkait lainnya Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan.

Loading...