Manfaat Buah Jamblang Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Seperti yang kita ketahui ragam buah-buahan yang ada di dunia sangatlah bervariasi. Tak hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan ketika dikonsumsi, buah-buahan juga kaya akan kandungan nutrisi yang memiliki manfaat tersendiri untuk menjaga kesehatan hingga kecantikan. salah satu jenis buah yang paling populer di Indonesia adalah buah jamblang. Buah yang memiliki nama latin Syzygium cumini ini  biasa disebut dengan buah jamblang, duwet, juwet dan lainnya.

Meskipun tidak setenar buah jeruk, kiwi, stroberi dan lainnya, akan tetapi manfaat dan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya pun tidak bisa diremehkan. Sebelum mengetahui manfaatnya, tak ada salahnya untuk mengetahui vitamin dan nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya. Langsung saja, berikut adalah manfaat buah jamblang untuk kesehatan dan kecantikan lengkap dengan kandungan nutrisinya.

Manfaat Buah Jamblang Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi buah jamblang atau juwet

Buah jamblang kaya akan antosianin, vitamin A, vitamin C, riboflavin, asam amino, asam folat, kolin, zat besi, seng, mangan, natrium, kalium, fosfor dan lainnya. lalu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Khasiat buah jamblang bagi kesehatan dan kecantikan

Mencegah penyakit kanker

Manfaat yang pertama adalah dapat mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya jika tidak mendapatkan penanangan. Oleh karena itu untuk menghindari penyakit ini tak ada salahnya untuk melakukan pencegahan. Selain berolahraga, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah jamblang. Kandungan antioksidan di dalamnya sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Yang kedua adalah berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat pastinya dapat membantu Anda agar tidak mudah sakit. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C, zat besi, kalium dan kalsium dalam buah ini juga dapat meningkatkan masa tulang agar tidak mudah keropos.

Mengobati anemia

Manfaat buah jamblang selanjutnya adalah untuk mengobati anemia. Anemia juga sering disebut dengan kurang darah. Gejala kurang darah atau anemia paling umum adalah mudah lelah, letih, lesu dan tidak bersemangat. Namun Anda jangan khawatir, kandungan vitamin C dan zat besi dalam buah juwet dapat membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah.

Mengatasi penyakit diabetes

Buah juwet juga kaya akan zat  yang sangat baik untuk membantu mengatasi penyakit diabetes. kandungan zat baik dalam buah ini mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh sebanyak 30%. Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes. Hal ini dikarenakan buah juwet mengandung astrigent, yaitu suatu zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan luka pada penderita diabetes.

Nah itulah beberapa manfaat buah jamblang untuk kesehatan. Selain itu, buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, mengatasi diare, menyembuhkan jerawat, mencegah penuaan dini dan masih banyak lagi.