Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Durian merupakan salah satu buah yang banyak digemari orang karena rasanya yang manis. Buah durian termasuk buah musiman, yang tidak setiap hari ada di pasaran. Ciri khas buah ini adalah aromanya yang harum menyengat, serta memiliki duri yang tajam. Selain manis rasanya jika sudah masak, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan buah durian diantaranya seperti karbohidrat, nutrisi, protein, serat, dan berbagai vitamin lainnya. Berbagai nutrisi tersebut dapat membantu kesehatan tubuh agar tetap fit dalam aktivitas seharian. Namun banyak orang tidak mengetahui apa saja manfaat yang dimiliki buah durian. Nah bagi Anda yang ingin mengetahuinya, baca ulasan dibawah ini.

manfaat buah durian

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Solusi dari Anemia (Kekurangan Darah)

Di dalam buah durian mengandung folat, zat besi, dan juga tembaga yang sangat penting dalam mengatasi gejala anemia atau kekurangan darah. Oleh karena itu bagi penderita anemia mengonsumsi buah durian merupakan cara efektif dalam mengatasi masalah tersebut. Namun ketika Anda mengonsumsi buah durian jangan terlalu berlebih.

Menjaga Pencernaan Lebih Sehat

Seperti halnya dengan buah-buah lainnya, ternyata buah durian juga memiliki khasiat dalam menjaga pencernaan lebih sehat. Buah durian memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, karena hal inilah buah durian dapat membantu sistem pencernaan pada tubuh agar bekerja secara optimal. Sehingga berbagai permasalahan pada pencernaan seperti sembelit yang mengganggu atau susah buang air besar dapat teratasi dengan baik dan bukan menjadi pemasalahan bagi Anda.

Mengontrol Program Diet

Sebuah penelitian di Austria menunjukkan bahwa tekanan suatu pekerjaan dapat mendorong orang untuk ngemil. Ngemil inilah yang dapat menyebabkan seseorang memiliki berat badan yang berlebih. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan makanan yang mengandung karbohidrat untuk menjaga kestabilan pada tubuh. Buah durian adalah buah yang mengandung kadar karbohidrat sekitar 20 sampai 39%, sehingga dapat menghindari ngemil akibat stres, dan juga untuk mengontrol program diet Anda.

Mencegah Terjadinya Depresi

Berdasarkan beberapa penelitian yang ada bahwa seseorang yang mengalami depresi akan memperoleh kondisi yang baik, ketika mengonsumsi buah durian. Hal ini dikarenakan kandungan dari tryptophan sebagai salah satu asam amino yang diubah menjadi serotin. Zat tersebut dapat membantu badan menjadi lebih rileks, dan juga memperbaiki mood sehingga akan membuat perasaan menjadi lebih senang.

Kulit Lebih Terlihat Awet Muda

Banyak orang menginginkan terlihat awet muda di saat usia sudah tidak muda lagi. Seperti halnya dengan buah jeruk yang kaya akan vitamin C, buah durian ternyata mengandung vitamin C cukup tinggi. Alhasil vitamin C inilah yang dapat menangkal radikal bebas, serta memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh termasuk kulit wajah Anda.

Jadi itulah beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh. Yang perlu diingat adalah bagi ibu hamil buah durian tidak boleh dikonsumsi dikarenakan buah ini mengandung kalori yang tinggi sehingga bersifat panas. Baca juga artikel Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami