Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Blueberry merupakan tanaman yang umumnya tumbuh di Amerika Utara. Tumbuhan ini memiliki daun yang hampir sama dengan bel dengan warna merah muda, putih, dan juga kehijau-hijauan. Buah blueberry ini memiliki berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi tersebut seperti zat besi, fosfor, mangan, kalium, kalsium dan juga seng. Buah ini masih masuk kedalam buah bery yang terkenal dengan antioksidannya yang tinggi.

Tentu kita mengetahui bahwa buah yang mengandung antioksidan tinggi dapat mencegah berbagai penyakit yang salah satunya disebabkan oleh radikal bebas. Tidak heran jika mengonsumsi buah yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya mengonsumsi saja, namun sebaiknya mengetahui manfaat yang ada pada buah blueberry ini. Lalu apa saja manfaatnya? Silahkan simak pembahasan di bawah ini!

Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan

Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan

Mampu Menangkal Radikal Bebas

Seperti pada penjelasan di atas bahwa buah blueberry ini dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Sehinggan dengan adanya zat yang dinamakan antioksidan ini mampu menekan resiko penyakit jantung seminimal mungkin. Selain itu antioksidan juga berperan dalam meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

Anti Penuaan pada Kulit

Antioksidan dalam buah blueberry juga mampu membantu dalam mengurangi resiko kerusakan pada sel yang disebabkanĀ oleh radikal bebas berbahaya. Radikal bebas ini yang menyebabkan pula berbagai penyakit, termasuk proses penuaan awal. Jadi apabila Anda ingin mencegah terjadi penuaan awal, sebaiknya Anda mencoba untuk mengonsumsi buah blueberry. Selain buah ini Anda juga dapat mengkombinasikan dengan buah lain seperti alpukat, apel, dan buah lainnya. Baca juga Manfaat Buah Alpukat.

Mencegah Terjadinya Kanker

Beberapa penelitian menemukan bahwa buah blueberry ini memiliki manfaat mengurangi resiko terkena kanker usus, kanker payudara, dan juga kerongkongan. Ini dikarenakan kandungan zat antioksidannya di dalam blueberry yang dapat mencegah perkembangan atau terjadinya sel kanker pada tubuh.

Mampu Merawat Kesehatan Mata

Manfaat buah blueberry berikutnya adalah mampu merawat kesehatan mata. Gangguan mata seperti katarak, degenerasu macula, dan gangguan lainnya dapat diminimalisisr dengan mengonsumsi buah blueberry. Nah bagi Anda yang menginginkan mata Anda sehat dan terjaga sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan buah blueberry.

Mampu Menjaga Sistem Pencernaan

Untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat diperlukan mengatur menu makan yang baik. Selain itu kebutuhan serat harus pula terpenuhi. Nah buah blueberry mengandung kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat berfungsi untuk pencegahan terjadinya masalah yang timbul pada pencernaan. Beberapa masalah yang sering timbul diantaranya seperti sembelit atau susah buang air besar. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengonsumsi buah yang satu ini.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat buah blueberry untuk kesehatan. Meskipun buahnya memiliki ukuran kecil, tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Baca juga artikel Tips Mengatasi Kebotakan pada Pria