Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Blewah merupakan salah satu buah sangat populer di Indonesia. Buah blewah sangat terkenal berkat kesegarannya ketika dikonsumsi. Buah blewah hampir mirip dengan buah melon yang banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara. Buah blewah sendiri sering dikonsumsi sebagai campuran untuk minuman. Selain itu buah blewah sering dimanfaatkan juga untuk membuat kolak. Selain harganya yang cukup terjangkau, blewah juga banyak ditemukan di pasaran. Tak heran jika banyak orang memburu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk sekedar memberikan informasi mengenai apa saja manfaat buah yang mirip dengan melon. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat buah blewah bagi kesehatan.

Manfaat Buah Blewah

Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan

Sebelum membahas apa saja manfaat blewah, ada baiknya jika mengetahui kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Blewah mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin C, mineral, kalium, folat, magnesium, mangan, tembaga, dan juga seng. Untuk manfaatnya sebagai berikut :

Membantu dalam Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah blewah yang pertama adalah membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Di dalam 100 gram buah blewah terdapat sekitar 36,7 gram vitamin C yang mampu mencukupi kebutuhan tubuh sebanyak 61 persen. Vitamin C di dalam blewah mampu membantu dalam menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam tubuh. Dengan begitu mengonsumsi blewah mampu mengurangi resiko serangan jantung serta mencegah terjadinya pembekuan darah.

Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang kedua adalah membantu untuk menurunkan berat badan. Blewah memiliki kandungan rendah akan kalori dan gula. Oleh sebab itu buah ini cocok dikonsumsi bagi mereka yang tengah menjalankan program diet sekaligus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan seperti potasium, kalium, dan vitamin C yang terkandung di dalam blewah berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain untuk menurunkan tekanan darah, buah ini juga berguna untuk mengendalikan tekanan darah. Oleh sebab itu buah blewah cocok bagi penderita kolesterol maupun bagi mereka yang memiliki riwayat darah tinggi.

Membantu Memelihara Kulit

Manfaat buah blewah yang keempat adalah membantu dalam memelihara kesehatan kulit. Kandungan yang berperan dalam memelihara kesehatan kulit adalah kombinasi vitamin A, C, dan E. Semua vitamin tersebut mencegah penuaan dini akibat dari radikal bebas. Blewah memiliki semua vitamin anti radikal tersebut. Oleh sebab itu konsumsi blewah untuk mendapatkan kulit sehat.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Yang terakhir adalah membantu dalam melancarkan saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi blewah juga bermanfaat dalam melancarkan saluran pencernaan. Ini dikarenakan blewah mengandung serat cukup tinggi yang juga terkandung vitamin A. Selain buah pepaya, mengonsumsi blewah menjadi alternatif lain untuk mencegah permasalahan pada sistem pencernaan.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat buah blewah bagi kesehatan tubuh.