Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Buah alpukat merupakan buah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, buah alpukat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Biasanya buah alpukat diolah menjadi minuman jus, campuran minuman, es campur, dan lain sebagainya.

Kandungan dalam buah alpukat atau sering disebut dengan avokad mengandung 11 vitamin serta 14 mineral yang bermanfaat bagiĀ kesehatan. Selain itu alpukat juga kaya akan protein, vitamin B2, vitamn B3, Kalium, dan vitamin C. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai apa saja manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh, berikut ini adalah ulasan yang sudah di rangkum dari berbagai sumber.

buah alpukat

Manfaat Buah Alpukat

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah alpukat yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu buah alpukat ini juga dapat mengontrol tekanan darah, hal ini disebabkan adanya kandungan zat potasium di dalam alpukat. Untuk anda yang menderita tekanan darah tinggi, mengkonsumsi buah alpukat adalah ide baik.

Dapat Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Alpukat mengandung lemak tak jenuh atau disebut dengan mono-saturated fat. Lemak tersebut dapat membantu mengatasi resistensi insulin. Dengan begitu, kandungan tersebut dapat membantu tubuh seseorang untuk mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh. Untuk orang yang mempunyai keturunan diabetes, mengkonsumsi buah alpukat sangat dianjurkan.

Menurunkan Tingkat Kolestrol

Manfaat buah alpukat berikutnya adalah dapat menurunkan tingkat kolestrol dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah alpukat ternyata dapat menurunkan kadar kolestrol LDL atau disebut dengan kolestrol jahat. Tidak hanya itu saja, buah alpukat juga dapat membantu menaikkan jumlah kolestrol HDL atau kolestrol yang baik.

Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung

Sebagai salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung. Hal ini dikarenakan karena terdapat kandungan sumber asam oleat tak jenuh tunggal, folat, vitamin E, kalium, pitosterol, serta sumber serat penting lainnya. Semua nutrisi tersebut sangat berperan besar dalam membantu dan menjaga kesehatan jantung agar terus meningkat untuk kesehatannya.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain lezat dan segar, buah alpukat juga dapat diambil minyaknya. Minyak alpukat sering kali digunakan untuk salah satu bahan kosmetik yang dapat melembapkan kulit serta membuatnya lebih bercahaya. Di samping itu, alpukat juga mengandung bahan yang dapat membuat rambut sehat, kuat dan indah. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat dapat juga melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit. Baca Juga Manfaat Buah Naga Putih

Dapat Digunakan Untuk Program Diet

Manfaat buah alpukat yang selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan, bagi anda yang melakukan program diet. Hal ini dikarenakan, dengan mengkonsumsi buah alpukat dapat menyebabkan rasa kenyang lebih lama di dalam perut. Secara otomatis akan menekan nafsu makan berlebih pada seseorang.

Nah itulah pembahasan mengenai manfaat buah alpukat yang mungkin dapat membantu anda mengetahuinya kasiat di dalamnya. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Dampak Buruk Menggunakan Earphone