Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Garam merupakan hasil bumi yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan yang berfungsi sebagai penyedap rasa. Makanan akan terasa hambar jika tanpa menggunakan garam , dari itulah garam menjadi bumbur dapur yang wajib ada. Terlepas dari hal itu, apakah Anda tahu jika garam ternyata memiliki begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan? Nah pasti banyak orang yang belum tahu kan? Maka kali ini kita akan membahas mengenai manfaat air garam untuk kesehatan. Air garam adalah air dengan larutan garam jenuh atau yang dikenal dalam industri farmasi sebagai natrium klorida dan kalium klorida sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya sebagai berikut!

Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah Dehidrasi

Apakah Anda pernah merasa lemah dan kurang bertenaga? Dalam kondisi tersebut pasti Anda mengangap bahwa Anda kekurangan cairan kan? tubuh manusia memang mengandung 70 persen air. Tapi NaI atau air gara ternyata dapat membantu mengatasi dan mencegah dehidrasi. Selain itu juga dapat membantu mempertahankan tingkat air, menompang air dan mendorong aliran darah secara optimal

Detoktifikasi Dalam Tubuh

Manfaat air garam juga dapat membantu meringankan nyeri pada tubuh, memurnikan darah dan membersihkan saluran pencernaan. Selain itu air garam juga bermanfaat sebagai detoktifikasi dalam tubuh yang dimana dapat memantu melawan berbagai infeksi. Tapi meskipun begitu, Anda peru tahu jangan kelebihan garam justru dapat membahayakan kesehatan tubuh seperti menyebabkan kerusakan pada ginjal , menyebabkan penyakit darah tinggi, dan berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Berguna sebagai Obat Kumur

Air hangat yang telah dibubuhi dengan sedikit garam atau yang sering disebut dengan air garam memiliki manfaat sebagai obat kumur yang sangat efektif. Dapat menghilangkan bau mulut akibat sariawan ataupun akibat terkena radang tenggorokan.

Menghilangkan Rasa Lelah

Ketika melakukan aktivitas setiap hari tentu saja banyak menguras tenaga yang mengakibatkan terjadinya kelelahan secara fisk. Jika sudah begitu akan membuat aktivitas menjadi terhambat, untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan air garam sebagai minuman yang berfungsi untuk menghilangkan rasa lelah.

Membuat Gigi Menjadi Lebih Putih

Manfaat air garam selanjutnya adalah membuat gigi menjadi lebih putih. Hal ini pastinya sangat cocok untuk mereka yang tidak percaya diri dengan giginya yang terligat agak kusam. Untuk cara penerapannnya cukup mudah yakni dengan cara menaburkan garam secukupnya pada ujung buli sikat gigi yang Anda gunakan, kemudian gosokkan sikat gigi pada gigi Anda. Cara alami bisa Anda lakukan paling tidak 2 kali dalam sehari.

Membantu dalam Meredakan Sakit Mata

Untuk menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, sebagai contoh seperti sayuran wortel. Namun tahukah Anda dalam kondisi tertentu atau disaat keadaan darurat Anda juga bisa menggunakan air garam untuk membasuhnya. Namun jika mata Anda tetap merah alangkah baiknya jika segera periksa ke dokter.

Sebagai Obat Tenggorokan yang Gatal

Untuk manfaat yang satu ini air garam dapat Anda fungsikan sebagai obat sakit tenggorokan secara alami. Untuk cara memanfaatkannya, Anda bisa mengambil air hangat yang dicampurkan dengan garam secukupnya. Setelah tercampur barulah minum larutan air garam tersebut, lakukan cara ini secara rutin tiap harinya.

Membantu Mengurangi Minyak Berlebih pada Wajah

Tak hanya untuk kesehatan saja, ternyata larutan garam juga bermanfaat untuk hal kecantikan seperti membantu dalam mengurangi minyak berlebih pada bagian wajah. Dengan memanfaatkan cara alami ini, Anda tak perlu menggunakan toner produk kosmetik yang cenderung mengandung bahan kimia. Bagi Anda yang memiliki masalah pada wajah seperti minyak berlebih yang bisa menimbulkan masalah seperti komedo dan jerawat maka bisa memanfaatkan air garam.

Menghilangkan Kerut pada Wajah

Memijat wajah dengan menggunakan air garam yang dicampur dengan sedikit minyak zaitun membantu kulit Anda menjadi lebih kenyal, lembut, dan bersinar secara alami. Namun tidak hanya itu saja, jika dilakukan secara berkala kombinasi dari air garam dan minyak zaitun bisa membantu dalam menghilangkan kerut pada wajah.

Membantu dalam Meredakan Stres

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa hubungannya stress dengan air garam? Ini disebabkan air garam bisa memberikan energi pada kulit, yang membuat kulit leboh segar dengan begitu membantu menghilangkan rasa stress. Untuk caranya usapkan air garam pada wajah kemudian bilas dengan air dingin bersih. Lakukan cara ini sebelum Anda tidur di malam hari.

Bermanfaat Untuk Kecantikan

Untuk manfaat air garam untuk tubuh lainnya diantaranya menghilangkan masalah jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengatasi bibir pecah-pecah,dan masih banyak lagi lainnya. Adapun cara pemanfaatannya sangatlah mudah salah satunya dijadikan sebagai masker. Jika ingin digunakan untuk mengatasi sel kulit mati dan menghilangkan jerawat, cukup dengan mengoleskan secara merata air garam pada wajah dan diamkan dalam beberapa menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih, untuk hasil yang optimal lakukan secara rutin setiap tiga kali dalam seminggu. Baca juga manfaat air garam untuk kecantikan