Makna Motif Kain Batik

By Categories : Umum

Kain batik memang menjadi sesuatu yang populer di kalangan masyarakat terlebih saat beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai warisan budaya dunia. Namun nampaknya kita perlu mengetahui kembali makna-makna yang terkandung di dalamnya agar bisa lebih memahaminya. Sebagai berikut!

Makna dari Kain Batik

  1. Motif Udan Riris. Makna motif kain batik yang pertama ini sangat menyentuh dan perlu mendapatkan penghayatan yakni ketabahan menjalani kehidupan kita dengan prihatin meskipun pada kenyataannya ada hujan dan panas yang silih berganti. Contoh dari pemaknaannya misalkan bagi orang yang telah hidup berumahtangga maka harus senantiasa memaknai kehidupan bersama pasangannya dengan cara prihatin. Terutama saling bekerjasama dan tabah dalam menghadapi berbagai macam persoalan rumah tangga yang sebelumnya tak pernah mereka hadapi ketika masih hidup membujang. Dengannya maka motif kain batik ini sangat sarat akan makna dan petuah yang mendasar dari leluhur yang harusnya kita lestarikan.Makna Motif Kain Batik
  2. Motif batik parangkusuma. Seperti namanya parang yang berarti senjata dan kusuma yang berarti bunga maka motif kain batik yang satu ini memiliki makna bahwa hidup itu layaknya harus berjuang demi untuk mendapatkan harga diri berupa keharuman lahir dan batin dalam hal ini diibaratkan sebagai bunga. Misalkan saja hal ini tercermin dalam harapan setiap masyarakat Jawa pada umumnya yang sangat menghargai kebudayaan yang mengajarkan tentang menyucikan diri untuk memperoleh keutamaan atau keharuman lahir dan batin. Tentunya untuk mencapai pada taraf tersebut maka setiap orang harus terlebih dahulu berjuang dengan sabar dan pantang menyerah untuk mengalahkan nafsunya sendiri.
  3. Motif kawung. Makna motif kain batik yang tertuang di sini adalah bahwa setiap orang yang mau berusaha dengan keras dan tekun maka lambat laun akan menuai hasilnya. Hal ini tentu sangat sesuai dengan pandangan masyarakat modern yang kapitalis sekalipun bahwa setiap orang yang berusaha dengan keras baik secara lambat maupun cepat akan menuai hasilnya. Entah sedikit maupun berlipat-lipat layaknya motif kawung ini.
  4. Motif truntum. Motif batik yang satu ini menyimpan makna tumbuh dan berkembang. Yang jika kita artikan dalam kehidupan masyarakat saat ini adalah bahwa orang modern pun tetap menginginkan mempunyai generasi penerus. Dan itulah yang diharapkan oleh masyarakat Jawa pada jaman dahulu yang selalu mengharapkan keturunan yang tumbuh dan berkembang dengan baik setelah adanya pernikahan.
  5. Motif Sidamukti. Maksud yang tersirat pada motif batik ini adalah tentang kemakmuran. Orang Jawa memaknai bahwa kemakmuran lahir dan batin atau mukti hanya dapat dicapai dari adanya keluhuran budi, tuturan dan tindakan seseorang. Sehingga dengannya barangsiapa menginginkan untuk mencapai mukti tersebut haruslah memiliki ketiganya.
  6. Motif Sidaluhur. Menyimpan makna tentang keluhuran. Seorang Jawa di dalam hidupnya tentu akan berpegang teguh pada prinsip bahwa keluhuran yang hendak diperjuangkan bukan hanya pada urusan jasmaniah saja tetapi juga menyeluruh pada urusan batiniahnya.

Demikian, semoga memberikan banyak manfaatnya!

terms: Makna kain batik, pengertian motif kain