Makanan yang Perlu Dihindari Saat Menstruasi

By Categories : Makanan

Menstruasi atau haid merupakan perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Menstruasi dipengaruhi oleh beberapa hormon reproduksi yaitu LH-Progesteron serta FSH-Esterogen. Biasanya seorang wanita saat menstruasi akan mengalami beberapa hal yang tidak nyaman seperti mudah lelah dan juga suasana hati yang tidak stabil. Tak hanya itu, selama menstruasi, seorang wanita juga akan mengalami nyeri, kram perut dan juga sakit kepala. Gejala tersebut sering disebut dengan dismenore.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Menstruasi

Hampir setiap wanita selama periode menstruasi mengalami dismenore. Namun Anda jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah menjaga pola makan saat menstruasi. Berikut adalah makanan yang perlu dihindari saat menstruasi!

Berikut Makanan yang Perlu Dihindari Saat Menstruasi

Makanan yang Kaya Akan Gula

Makanan yang kaya akan gula dan manis memang bermanfaat untuk mengatasi mood atau suasana hati yang sedang jelek. Namun bagi Anda yang sedang menstruasi sebaiknya menghindari makanan yang kaya akan gula karena selain dapat memperburuk rasa sakit dan juga nyeri, makanan yang kaya akan gula juga dapat menaikkan serta menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga ini akan memberikan efek buruk bagi tubuh Anda seperti, emosional, mudah lelah dan juga kesal. Maka dari itu, hindarilah makanan yang kaya akan gula seperti, minuman bersoda, permen, es krim dan juga kue.

Gorengan

Makanan yang perlu dihindari saat menstruasi selanjutnya adalah gorengan. Ini merupakan salah satu makanan yang sangat nikmat dinikmati saat santai. Namun gorengan tentunya akan mengandung kadar lemak yang tinggi. Tak hanya itu, gorengan juga dapat meningkatkan kadar hormon esterogen yang ada di dalam tubuh manusia. Sebaiknya, seorang wanita yang sedang menstruasi menghindari makanan yang satu ini. Karena lonjakan hormon esterogen yang disebabkan oleh gorengan dapat mengakibatkan nyeri dan juga kram perut. Anda dapat mengurangi makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi seperti ubi goreng, ayam goreng, pisang goreng, bakwan dan juga kentang goreng.

Makanan yang Mengandung Kafein

Makanan yang perlu dihindari saat menstruasi berikutnya adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein. Mengapa demikian? Ini karena kafein yang Anda konsumsi dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti menyempitnya pembuluh darah. Jika hal tersebut tidak segera di atasi, penyempitan pembuluh darah dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga ini akan membuat Anda mengalami sakit kepala.

Makanan Olahan

Selain menghindari makanan yang mengandung kafein, seorang wanita yang sedang mengalami menstruai sebaiknya menghindari makanan olahan. Kandungan natrium yang tinggi pada makanan olahan dapat membuat perut kembung dan juga rasa tidak nyaman. Tak hanya itu, makanan olahan juga mengandung sodium. Sodium yang Anda konsumsi selama haid akan menyebabkan retensi air dan juga tubuh membengkak. Sebaiknya hindarilah makanan olahan seperti kripik dan juga makanan kalengan.

Demikianlah ulasan tentang makanan yang perlu dihindari saat menstruasi. Selain makanan tersebut, wanita yang sedang megalami menstruasi juga harus menghindari daging, biji-bijian olahan dan juga makanan yang dipanggang. Baca juga Makanan untuk meningkatkan hemoglobin.

Loading...