Makanan yang Mengandung Vitamin K

By Categories : Makanan

Vitamin K (Koagulasi) merupakan salah satu vitamin yang berperan penting untuk tubuh. Vitamin K membantu dalam melawan penyakit diabetes, memperlambat pertumbuhan sel kanker, serta membantu dalam mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Dengan begitu banyak yang dimiliki, tubuh memerlukan asupan vitamin K yang bisa didapatkan melalui beberapa sumber makanan.

Ketika tubuh kekurangan vitamin K dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti menurunkan kepadatan tulang, terhambatnya proses pembekuan darah, dan banyak lagi. Vitamin K sebenarnya dihasilkan di dalam usus yang diproduksi oleh bakteri di usus. Meskipun begitu tubuh tetap memerlukan asupan vitamin K dari beberapa sumber makanan. Lantas apa saja makanan yang mengandung vitamin K? Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini!

Makanan yang Mengandung Vitamin K

Berikut Makanan yang Mengandung Vitamin K

Bunga Kol

Bunga kol merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin K. Bunga kol merupakan sayuran yang saat ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Kandungan vitamin K yang terkandung di dalam bunga kol cukup tinggi yakni di dalam 100 gram bunga kol terdapat 125 mcg. Bunga kol sering dikonsumsi masyarakat Indonesia dengan cara diolah menjadi beberapa menu makanan sehat sayuran.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang pertama kali ditemukan di Italia. Namun saat ini brokoli sudah banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Di dalam 100 gram brokoli terdapat 200 mcg vitamin K. kandungan tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin K untuk tubuh. Brokoli memiliki banyak manfaat untuk tubuh, oleh sebab itu jangan ragu untuk menambahkan brokoli ke dalam bebrapa menu makanan.

Kacang Kedelai

Sumber makanan yang mengandung vitamin K tinggi berikutnya adalah kacang kedelai. Kacang kedelai menjadi bahan baku utama untuk pembuatan kedelai serta tahu. Selain itu kedelai juga diolah menjadi susu yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Di dalam 100 gram kacang kedelai terdapat 47 mcg vitamin K.

Kacang Polong

Selain kacang kedelai, kacang polong juga menjadi sumber makanan dengan kandungan vitamin K di dalamnya. Di dalam 100 gram kacang polong terkandung 5 mcg vitamin K. Kacang polong termasuk ke dalam kacang yang dapat tumbuh subur di daerah sub tropis. Saat ini kacang polong dapat mudah untuk ditemukan di pasar tradisional maupun modern.

Buah Alpukat

Di dalam 100 gram buah alpukat terkandug 81 mcg vitamin K atau setara dengan kebutuhan vitamin K untuk tubuh setiap harinya. Selain mengandung vitamin K, buah dengan ciri khas warna hijau ini mengandung antioksidan alam yang berperan untuk mencegah berbagai penyakit akibat dari radikal bebas.

Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Selain mengandung vitamin C, buah kiwi juga mengandung vitamin K. Di dalam 100 gram buah kiwi mengandung 40,3 mcg vitamin K. Adapun manfaat dari buah kiwi seperti menjaga kesehatan mata, membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mengandung antioksidan. Demikianlah tadi pembahasan mengenai makanan yang mengandung vitamin K.

Loading...