Makanan yang Mengandung Serat

By Categories : Makanan

Makanan berserat memang sangat penting bagi kesehatan tubuh tepatnya pada saluran pencernaan. Serat terbagi menjadi 2 yaitu serat larut, dan serat yang tidak larut. Serat larut mudah untuk dicerna oleh tubuh, sedangkan untuk serat yang tidak larut akan utuh sampai serat tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kedua serat tersebut memang mampu mengurangi resiko dari berbagai penyakir berbahaya seperti stroke, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serta gangguan pada sistem pencernaan yang sangat mengganggu. Terdapat banyak makanan alami yang mengandung serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan tersebut diantaranya seperti buah-buahan, sayuran, serta sumber makanan lainnya. Berikut ini adalah makanan yang mengandung serat yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan Anda!

Makanan yang Mengandung Serat

Makanan yang Mengandung Serat

Beras Merah

Jenis makanan yang satu ini memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin B, dan juga vitamin E. Beras ini memiliki manfaat sehat bagi tubuh yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh serta menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain mengandung vitamin di atas, beras merah juga mengandung fenolat, antioksidan, serta selenium yang memiliki kandungan serat tinggi, sehingga dapat mencegah, serta mengatasi sembelit, dan permasalahan lainnya.

Alpukat

Alpukat hijau terkenal dengan buah yang mengandung antioksidan yang tinggi. Buah ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas berbahaya yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker. Selain sebagai antioksidan yang tinggi, ternyata buah alpukat ini juga mengandung serat yang cukup tinggi, yang dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan, serta mengatasi sembelit.

Gandum

Gandum sebagai bahan makanan dengan mempertahankan gizi, dan unsur serat lainnya. Mengonsumsi gandum yang sudah diolah menjadi roti merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Dengan begitu maka Anda dapat mencegah sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya yang sangat mengganggu aktivitas seharian.

Kacang Almond

Makanan yang mengandung serat berikutnya adalah kacang almond. Mungkin kebanyakan sudah mengetahui bahwa kacang almond memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Namun sebaiknya dalam mengonsumsi kacang almond ini jangan terlalu banyak, mengingat jumlah kalori di dalam kacang almond yang cukup tinggi. Baca juga Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Pepaya

Buah yang dipercaya memiliki khasiat untuk memperlancar buang air besar ternyata secara medis mengandung senyawa asam amino. Senyawa tersebut dapat menghilangkan substansi yang tidak dibutuhkan akibat pencernaan yang tidak sempurna. Tidak lupa pula bahwa pepaya mengandung enzim Papain yang dapat membentuk senyawa asam amino tersebut.

Oatmeal

Oatmeal merupakan tipe yang mengandung serat tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu oatmeal ini juga dapat berfungsi sebagai penurun kolesterol yang kuat. Nah bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, serta mengalami gangguan pencernaan maka Anda dapat mengonsumsi oatmeal.

Brokoli

Makanan yang mengandung serat selanjutnya adalah brokoli. Brokoli merupakan sayuran yang dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Disamping fungsinya tersebut ternyata brokoli juga dapat melancarkan sistem pencernaan pada tubuh, serta mencegah gangguan pada pencernaan.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan yang mengandung serat baik untuk kesehatan pencernaan. Baca juga artikel Cara Menghilangkan Bau Badan