Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

By Categories : Makanan

Makanan yang mengandung protein tinggi dibutuhkan oleh tubuh guna pembentukan otot. Sumber protein dapat berasal dari tumbuhan yaitu protein nabati dan juga sumber protein yang berasal dari hewan yaitu protein hewani. Sumber protein dapat membantu Anda dalam mendapatkan asam amino dan juga berbagai nutrisi penting lainnya. Pada umumnya hewan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan sumber protein yang berasal dari tumbuhan. Selain itu protein dari hewan juga mempunyai kandungan lemak yang lebih tinggi. Lalu apa saja sumber makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat dikonsumsi? Baca ulasan dibawah ini!

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Daging

Tentu daging kebanyakan orang sudah banyak mengonsumsinya, terkecuali bagi mereka yang tidak menyukai daging atau disebut dengan vegetarian. Daging sangat diperlukan dalam pertumbuhan tubuh karena mengandung protein yang tinggi. Anda dapat memilih daging sapi atau juga daging kambing dalam memenuhi protein setiap harinya. Sebagai contoh dalam 100 gram daging sapi terdapat kandungan 14 gram protein, sedangkan untuk daging kambing dalam 100 gram mengandung 27 gram protein.

Ayam tanpa Bagian Kulit

Seperti halnya dengan daging sapi dan kambing, daging ayam juga memiliki protein hewani yang baik untuk tubuh. Namun perlu diperhatikan untuk cara menyajikannya sebaiknya tidak digoreng karena akan terdapat banyak lemak, lebih baik Anda dapat menjadikan ayam tanpa kulit sebagai hidangan sup dengan tambahan sayuran segar. Baca Juga Tanaman Anti Nyamuk

Telur

Protein yang terdapat dalam telur memiliki kualitas yang baik, karena mengandung asam amino essential yang bagus dalam memenuhi kebutuhan tubuh. Nah bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol dalam tubuh yang tinggi, sebaiknya untuk memilih putih telurnya saja, karena putih telur pada umumnya bebas akan lemak dan juga kolesterol. Sedangkan untuk kuning telur mengandung lemak jenuh dan juga kolesterol. Oleh karena itu sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kuning telur.

Ikan Laut

Beberapa jenis ikan laut mengandung protein yang tinggi dengan kualitas yang baik. Salah satunya adalah ikan tuna, dalam 3 ons ikan tuna memiliki kandungan protein sebesar 22 gram. Sedangkan untuk ikan salmon memiliki kandungan sebesar 19 gram dalam 3 ons. Pada umumnya jenis ikan laut memiliki kandungan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan lemak dan tingkat kolesterol juga lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi atau juga daging kambing.

Jamur

Makanan yang satu ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jamur menjadi salah satu bahan makanan yang dapat diolah dan dikonsumsi. Namun bukan sembarangan jamur yang dapat dikonsumsi, melainkan hanya jamur yang dibudidayakan yang dapat dikonsumsi. Jamur mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh seperti kandungan mineral, selenium, kalium, fosfor, dan juga kandunga protein yang cukup tinggi.

Itulah tadi pembahasan mengenai makanan yang mengandung protein tinggi, masih banyak makanan lainnya yang mengandung protein seperti kacang almond, buah apel, tahu, dan lain sebagainya. Baca juga artikel Cara Mencegah Penyakit Stroke