Makanan yang Mengandung Omega 3 Terbaik

By Categories : Kesehatan

Pada kesempatan kemarin sudah membahas mengenai manfaat ikan salmon yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tetapi pada kesempatan kali ini sedikit berbeda, membahas mengenai makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 merupakan lemak sehat yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh tubuh dalam jumlah yang banyak. Omega 3 memiliki peranan penting karena mampu melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi dan mampu menyembuhkan berbagai mama penyakit seperti migrain, lupus, autisme, stres, dan peradangan otot. Selain itu, omega 3 juga baik utuk kesehatan jatung dan pembuluh darah.

Omega 3 terdiri dari tiga jenis, yakni EPA, ALA, dan DHA. EPA dapat Anda dapatkan dari semua jenis ikan laut, seperti samon dan makarel. ALA dapat Anda peroleh dari jenis kacang-kacangan, rumput lautm minyak sayur, dan hewan. Sedangkan DHA dapat diperoleh  pada ikan laut yang berlemak. Lalu apa saja makanan yang mengandung omega 3?

Makanan yang Mengandung Omega 3

Sumber Makanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi

Ikan Tuna

Ikan tuna salah satu dari makanan yang mengandung omega 3 dari sekian jenis makanan yang ada. Ikan tuna banyak diperbincangkan orang, karena terdapat kandungan merkuri di dalamnya. Ikan tuna baik untuk dikonsumsi, namun sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, Terdapat sekitar 1.100 miligram asam lemak yang dapat diserap oleh tubuh.

Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal dengan kandunga EPA serta DHAnya yang dapat memberikan sekitar 1.600 miligram asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan terutama pada pertumbuhan otak anak (Baca juga Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan). Jadi ikan salmon sangat baik untuk anak-anak, mengingat fungsi dan manfaatnya dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan otak anak.

Kacang Kenari

Makanan yang mengandung omega 3 berikutnya adalah kacang kenari. Kacang kenari merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung lemak nabati. Kacang kenari mengandung 2.600 miligram lemak sehat yang dapat membantu nutrisi untuk tubuh Anda.

Biji Rami

Khasiat dari biji rami memang tidak diragukan lagi. Kandungan kaya akan asam lemak olega 3 ini memiliki khasiat untuk melawan kolestrol jahat yang dapat mengakibatkan penyakit jantung. Namun perlu Anda ketahui untuk menjaga nutrisi omega 3 dalam biji rami, simpan makanan tersebut ke dalam wadah yang kedap udara. Untuk memenuhi kebutuhan omega-3 sehari-hari, Anda sebaiknya mengkonsumsi dua sendok makan biji rami.

Minyak Ikan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa asam lemak 0mega-3 yang juga banyak ditemukan pada minyak ikan. Bentuk dari minyak ikan ini seperti tablet suplemen. Satu pil minyak ikan saja cukup memenuhi kebutuhan omega 3 Anda. Untuk menjaga nutrisinya tetap bagus, Anda sebaiknya menyimpan suplemen minyak ikan ke dalam wadah tertutup kedap udara.

Daging Sapi yang Hanya Makan Rumput Saja

Sapi yang diberi makan rumput saja tanpa makanan lainnya dapat memiliki kualitas daging lebih baik daripada sapi yang diberi makan selain rumput. Rumput sendiri merupakan salah satu tanaman yang juga mengandung omega-3. Sehingga daging sapi yang mengkonsumsi rumput, akan memberikan asupan omega-3 lebih baik.

Nah itulah pembahasan mengenai makanan yang mengandung omega 3 di dalamnya, masih banyak makanan lainnya yang mengandung omega 3, seperti bayam, walnut, dan lain sebagainya. Mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi omega 3? Hal ini karena omega  memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk otak dan merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh.  Selain itu, omega 3 juga dapat mencegah penyakit jantung, alzheimer, dan depresi. Serta dengan rutin mengonsumsi omega 3 dapat membuat umur lebih panjang.

Berikut Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan

Menambah Volume Otak

Seseorang yang rutin mengonsumsi omega 3 memiliki otak yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi. Perlu Anda ketahui jika semakin tua usia seseorang maka volume otak akan semakin menyusut. Namun jika Anda sering mengonsumsi omega 3 volume otak justru akan lebih besar serta dua tahun lebih muda.

Anti Kanker Kulit

Penelitian dari The University of Manchester menemukan jika manfaat pmega 3 sangat baik untuk kulit. Orang yang gemar mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 akan memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap radiasi sinar matahari. Tentu ini sangat bermanfaat untuk mencegah kanker kukulit.

Mencegah gangguan penglihatan akibat diabetes

Gangguan penglihatan yang disebabkan karena diabetes dapat dicegah dengan mongonsumsi omega 3 secara rutin. Omega 3 memiliki fungsi untuk mencegah peradangan sehingga seseorang yang terkena diabetes dapat terhindar dari kompilkasi.

Mampu Memperbaiki Otak dengan Cepat

Omega 3 merupakan sumber dari DHA. Orang yang mengalami cidera ringan pada otak akan lebih buruk jika kekurangan sumber dari DHA. Untuk itu bagi seseorang yang mengalami cidera otak disarankan untuk mengonsumsi mega 3.

Itulah beberapa sumber makanan yang mengandung omega 3 yang perlu Anda ketahui. Adapun manfaat lainnya adalah mampu melindungi wanita dari kanker ovarium dan dapat menyehatkan jantung. Baca juga artikel lainnya Manfaat Hidup Vegetarian

Loading...