Makanan yang Mengandung Magnesium

By Categories : Kesehatan

Makanan yang mengandung magnesium sebaiknya juga ditambah ke dalam menu makanan harian yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung magnesium memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh seperti untuk membantu mencegah penyakit jantung, membantu mencegah diabetes, membantu mencegah asma kambuh, dan memiliki manfaat lain yang berhubungan dengan kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu pria maupun wanita tetap membutuhkan makanan yang mengandung magnesium, asalkan dalam mengonsumsinya tidak berlebihan. Di antara banyaknya makanan yang mengandung magnesium, di bawah ini terdapat beberapa makanan yang megandung magnesium yang dapat Anda tambahkan ke dalam menu makanan sehat Anda.

makanan yang mengandung magnesium

Makanan yang Mengandung Magnesium Tinggi

Ikan

Hampir semua ikan mengandung magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai mineral penting untuk membantu kesehatan tubuh. Untuk beberapa jenis ikan selain mengandung magnesium, juga mengandung seperti asam Omega 3, protein hewani, dan juga vitamin. Semua zat tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang keseimbangan kesehatan pada tubuh.

Buah Alpukat

Buah yang kaya dengan berbagai nutrisi dan antioksidan alami ini juga mengandung magnesium cukup tinggi. Dengan kombinasi berbagai nutrisi penting seperti vitamin, magnesium, antioksidan, serat, dan lain sebagainya membuat buah ini kaya akan manfaat untuk tubuh termasuk untuk mencegah sel kanker tumbuh dan menurunkan resiko penyakit jantung. Buah alpukat dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus.

Sayuran yang Berwarna Hijau

Makanan yang mengandung magnesium yang ketiga adalah sayuran yang berwarna hijau. Sayuran yang berwarna hijau mengandung berbagai zat alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran berwarna hijau mengandung magnesium cukup tinggi. Sayuran-sayuran tersebut di antaranya seperti bayam, kangkung, brokoli, selada, dan aneka sayuran hijau lainnya.

Rempah-Rempah

Rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bahan memasak di dapur ternyata juga memiliki kandungan magnesium di dalamnya. Rempah-rempah tersebut di antaranya seperti kemangi, serai, peppermint, paprika, dan berbagai rempah-rempah lainnya.

Kacang

Makanan yang mengandung magnesium tinggi berikutnya berasal dari kacang-kacangan. Untuk beberapa jenis kacang mengandung magnesium seperti kacang mete, kacang almond, kacang kedelai, kacang tanah, dan juga kacang pinus. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mengonsumsi beberapa jenis kacang di atas, asalkan dalam mengonsumsinya tidak berlebihan.

Biji-Bijian

Biji-bijian juga turut masuk ke dalam daftar makanan yang mengandung magnesium tinggi. Biji-bijian dapat Anda konsumsi sebagai cemilan atau sebagai bahan campuran pada makanan. Di antara banyaknya biji-bijian yang mengandung magnesium tinggi, biji bunga matahari merupakan salah satu biji yang mengandung magnesium paling tinggi.

Makanan yang Berasal dari Susu

Sumber makanan terakhir yang mengandung magnesium tinggi adalah makanan yang berasal dari susu. Makanan yang mengandung susu di antaranya seperti keju dan yogurt. Makanan-makanan tersebut mengandung magnesium yang dapat memenuhi kebutuhan magnesium tubuh Anda.

Nah itulah tadi beberapa makanan yang mengandung magnesium yang dapat Anda tambahkan ke dalam menu sehat harian Anda.