Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

By Categories : Kesehatan

Pada dasarnya tubuh manusia sangat membutuhkan gula. Gula yang ada dalam tubuh berguna untuk menghasilkan energi ini karena gula mengandung kalori. Namun,  jika dalam tubuh terdapat gula yang berlebih ini akan memicu salah satu penyakit yaitu diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena meningkatnya gula darah dalam tubuh seseorang. Biasanya seseorang terkena penyakit ini akan memiliki gejala seperti mudah lelah, sering buang air kecil, berat badan menurun dan juga jika memiliki luka akan sulit sembuh. Baca juga makanan sehat bagi kesehatan jantung.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes sendiri dalam pemilihan makanan harus  benar-benar untuk diperhatikan. Karena jika salah memilih makanan ini akan membuat kondisi penyakit akan semakin bertambah buruk. Berikut adalah makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Apa saja?

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes

Makanan berkolesterol tinggi

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes yang pertama adalah makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Seseorang yang terkena penyakit diabetes akan menurunkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan meningkatkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Maka dari itu, seseorang yang menderita penyakit diabetes memiliki resiko yang besar mengidap penyakit jantung  karena kadar kolesterol LDL yang meningkat. Sebaiknya hindari atau batasi jenis makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi seperti udang, unggas, susu tinggi lemak, kuning telur dan juga daging merah.

Gula berlebih

Makanan dan minuman yang mengandung gula adalah musuh utama bagi penderita diabetes. makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti cokelat, gula pasir, es krim, minuman bersoda dan juga makanan dan minuman dengan pemanis buatan  dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengindari atau membatasi makanan dan minuman tersebut.

Jus buah

Jus buah adalah minuman yang menyegarkan jika diminum saat hari sedang terik. Namun bagi penderita diabetes sebaiknya menghindari hal tersebut. Jika Anda ingin menikmatinya, memakan buahnya secara langsung lebih disarankan. Karena buah yang dimakan langsung dapat memberikan fiber atau serat yang dibutuhkan bagi tubuh. Namun, tak semua buah dapat dikonsumsi bagi penderta diabetes. Penderita diabetes  harus menghindari buah-buahan yang memiliki kadar glukosa dan sukrosa yang tinggi seperti mangga, nanas, pisang, anggur, semangka, pepaya, aprikot dan juga stoberi karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Nasi putih yang berlebih

Pada dasarnya, nasi putih merupakan salah satu makanan pokok  bagi orang Indonesia. Namun tidak bagi penderita diabetes, seseorang yanag terkena diabetes sebaiknya menghindari makan nasi putih. Anda dapat menggantinya dengan nasi merah. Hal ini dikarenakan nasi merah memiliki kadar gula yang rendah daripada nasi putih.

Selain makanan tersebut, penderita diabetes juga harus menghindari makanan seperti mie instan, pasta dan juga makanan cepat saji yang lainnya. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda :)

Baca juga artikel terkait pengaruh musik bagi kecerdasan anak.