Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol

By Categories : Kesehatan

Kolestrol adalah lemak yang ada dalam tubuh yang juga dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak dalam tubuh, tentu memiliki berbagai fungsi untuk tubuh. Tetapi jika kadar kolesterol jahat dalam darah naik maka akan mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan dalam tubuh. Penyakit yang disebabkan kolesterol jahat diantaranya seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan penyakit berbahaya lainnya. Untuk menghindari kolesterol yang berlebih khususnya untuk para usia lanjut, terdapat beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Lalu apa saja makanan tersebut? simak ulasan dibawah ini!

Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Makanan yang dapat Menurunkan Kolesterol

Bawang Putih

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol yang pertama adalah bawang putih. Walaupun tergolong ke dalam rempah-rempah yang digunakan sebagai salah satu bumbu dapur, bawang putih ternyata memiliki tingkat efektivitas yang baik dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Caranya adalah usahakan untuk mengonsumsi satu siung bawang putih sehari untuk menurunkan kadar koleterol jahat dalam tubuh. Bukan langsung dimakan melainkan dengan cara mencampurkan ke dalam masakan.

Aplukat

Buah alpukat terkenal dengan antioksidannya yang tinggi (Baca Juga Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan). Dengan begitu buah ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya. Di samping itu buah alpukat mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh yang dikenal dengan (High-density lipoprotein). Sedangkan untuk kadar kolesterol jahat dikenal dengan (Low-density lipoprotein). Kedua kadar kolesterol tersebut terdapat pada dalam tubuh.

Tahu dan Tempe

Sebagai warga Indonesia tentu saja pernah makan yang namanya tahu dan tempe. Makanan yang berasal dari olahan kedelai tersebut juga sangat baik untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat lainnya dari tahu dan tempe ini adalah mengandung sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anggur

Buah anggur terkenal dengan kesan mewah. Buah ini memiliki rasa manis dan juga sangat baik dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Anda dapat engonsumsinya secara langsung, atau juga dengan cara mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus. Dengan begitu maka niscaya kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat.

Gandum

Serat dan juga karbohidrat kompleks yang ada dalam gandum akan membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu yang cukup lama. Sehingga hal tersebut cocok digunakan bagi seseorang yang menjalankan program diet. Nah selain itu sereal gandum juga baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi strategi untuk melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat.

Kacang Panjang

Para peneliti mengungkapkan bahwa kacang panjang yang tergolong dalam sayuran mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sampai dengan 8%. Hal ini dikarenakan kacang panjang mengandung serat yang tinggi yang dapat menyerap kolesterol dalam berbagai jenis makanan tertentu. Anda dapat mengonsumsi kacang panjang dengan cara mengolah menjadi sup atau makanan lainnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai makanan yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Baca juga artikel lainnya Buah-Buahan untuk Ibu Hamil