Makanan yang Banyak Mengandung Zat Besi

By Categories : Kesehatan

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting untuk tubuh. Zat besi memilki fungsi untuk membantu proses pertumbuhan. Zat besi mempunyai sifat yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Oleh sebab itu untuk mendapatkan asupan zat tersebut bisa didapatkan melalui sumber makanan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan resiko anemia atau kekurangan darah. Terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi. Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zat besi.

Makanan yang Banyak Mengandung Zat Besi

Berikut Makanan yang Banyak Mengandung Zat Besi

Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung zat besi. Bayam memiliki karakter warna hijau dengan kandungan berbagai nutrisi seperti antioksidan dan nutrisi lainnya. Di dalam 100 gram bayam terdapat 2,01 mg zat besi yang bisa untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Dengan mengonsumsi bayam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, membantu menjaga produksi sel darag merah, menghindarkan tubuh dari bahaya radikal bebas, dan banyak lagi.

Tomat

Makanan yang banyak mengandung zat besi berikutnya adalah tomat. Di dalam 100 gram tomat mengandung 2 mg zat besi di dalamnya. Selain mengandung zat besi, buah tomat juga mengandung vitamin C tinggi yang berguna untuk merawat kesehatan kulit. Adapaun manfaat yang dimiliki oleh tomat seperti membantu mendukung kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung, mengurangi resiko stroke, dan banyak lagi. Untuk mendapatkan asupan zat besi, tomat dapat menjadi alternatif pilihan.

Kedelai

Di dalam 75 gram kedelai terdapat sekitar 6,5 gram zat besi. Kedelai sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia mengingat kedelai menjadi salah satu bahan makanan pokok di Indonesia yakni tahu dan tempe. Makanan ini menjadi salah satu favorit di Indonesia dengan rasa gurih dan teksturnya yang cukup lembut. Kedelai mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga berperan aktif untuk mendukung produksi dari sel darah merah serta membantu menjaga sistem kekebalan pada tubuh.

Daging Sapi

Makanan yang banyak mengandung zat besi kali ini berasal dari hewan yakni daging sapi. Di dalam 75 gram daging sapi mengandung 1,4 mg zat besi. Daiging sapi memiliki rasa yang lebih lezat ketimbang daging ayam. Selain mengandung zat besi, ternyata daging sapi juga menyimpan aneka ragam nutrisi baik untuk tubuh seperti selenium, seng, vitamin A, B, dan vitamin D. Daging sapi memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, menjaga produksi dari hemoglobin, melindungi tubuh dari infeksi bakteri, dan banyak lagi.

Telur

Telur juga mengandung zat besi, terbukti bahwa di dalam 100 gram telur terdapat 1,2 mg zat besi. Kebanyakan orang tentu pernah mengonsumsi telur. Dengan mengonsumsi telur dapat membantu meningkatkan produktivitas tubuh mengingat telur juga mengandung protein cukup tinggi. zat besi di dalam telur membantu untuk proses transportasi oksigen, dengan begitu akan mendukung pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai makanan yang banyak mengandung zat besi. Sumber makanan yang mengandung zat besi lainnya seperti labu, kentang, kacang merah, dan banyak lagi

Loading...