Makanan Yang Bagus Dikonsumsi Waktu Hamil

By Categories : Kesehatan

Untuk perkembangan anak secara maksimal setiap calon ibu harus mengetahui makanan yang bagus dikonsumsi waktu hamil. Tubuh wanita yang sedang hamil sedikit berbeda dengan keadaan sewaktu tidak hamil itu sebabnya kita perlu melakukan sedikit perubahan pada pola makan dan menu yang dikonsumsi.

makanan yang baik untuk ibu hamil

Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Telur
Kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur cukup tinggi diantaranya adalah 12 macam vitamin dan mineral serta protein yang sangat diperlukan selama masa kehamilan. Telur juga mengandung choline yang penting untuk pertumbuhan otak bayi. Beberapa jenis telur juga mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk perkembangan otak dan penglihatan. Telur yang mengandung omega 3 atau DHA biasanya diberi label dalam kemasannya.

Khawatir dengan kandungan kholesterol yang ada dalam telur? Tenang saja, wanita hamil dengan kholeterol normal dapat mengkonsumsi 2 butir telur setiap hari tanpa masalah sebagai bagian dari diet sehat. Kolesterol yang ditemukan secara alami di makanan relatif lebih tidak berbahaya dibandingkan dengan dampak yang ditimbulkan lemak jenuh. Telur hanya memiliki 1,5 gram lemak jenuh untuk setiap butirnya.

Hanya pastikan untuk memasak telur sampai matang karena kulitnya mengandung bakteri salmonela

Salmon
Daging ikan salmon selain enak juga mengandung banyak protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak anak. Tidak seperti ikan todak, makarel dan hiu yang mengandung banyak merkuri, ikan salmon memiliki kandungan methylmercuri yang sangat rendah.

Meskipun memiliki kandungan merkuri yang rendah dibanding dengan jenis ikan lainnya tetapi disarankan untuk tidak mengkonsumsi salmon lebih dari 12 ons per minggu.

Kacang-kacangan
Makanan nabati yang baik dikonsumsi sewaktu hamil adalah kacang-kacangan karena memiliki kandungan protein, serat dan lemak nabati yang bagus untuk perkembangan janin.

Ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan, serat dalam kacang-kacangan dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil selain dari sayur-sayuran. Kacang-kacangan juga mengandung nutrisi lain seperti folat, besi, kalsium dan zinc.

Daging rendah lemak
Daging dengan kandungan lemak rendah adalah makanan yang bagus dikonsumsi waktu hamil karena merupakan sumber protein yang sangat baik. Carilah daging yang sudah dipisahkan dengan lemaknya. Masak daging hingga benar-benar matang untuk menghindari kontaminasi kuman.

Buah dan Sayuran
Makanlah buah dan sayuran dengan warna merah, oranye, hijau, ungu dan putih untuk memastikan anda mendapatkan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan.

Pakar nutrisi Jodi Greebel, pemilik Citrition, konseling nutrisi yang berlokasi di new york menjelaskan bahwa rasa makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan masuk ke cairan amnion (air ketuban). Jadi jika anda makan sayuran dan buah yang cukup selama kehamilan maka janin akan merasakannya. Hal ini meningkatkan kemungkinan bayi akan menerima berbagai macam makanan dikemudian hari.