Makanan Untuk Penderita Hipertensi

By Categories : Kesehatan

Pastinya Anda sudah mengetahui tentang apa itu penyakit hipertensi. Hipertensi atau yang biasa disebut tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit kronis seperti jantung, stroke dan juga ginjal jika tidak segera di atasi. Mengingat betapa bahayanya penyakit ini, penderita hipertensi harus benar-benar memperhatikan segala sesuatu yang mereka makan. Baca juga cara mengatasi tekanan darah tinggi secara alami.

Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Hal ini dikarenakan makanan merupakan komponen utama yang mempengaruhi kesehatan kita. Penderita hipertensi yang tidak memperhatikan pola makan akan menyebabkan penyakit tersebut semakin parah setiap harinya. Lantas sudah tahukah Anda apa saja makanan untuk penderita hipertensi? Jika Anda belum mengetahuinya, berikut adalah ulasannya!

Makanan sehat untuk penderita hipertensi

Sayuran hijau

Makanan sehat yang pertama adalah sayuran hijau. Seperti yang Anda ketahui, sayuran merupakan salah satu makanan yang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh salah satunya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan sayuran hijau kaya akan serat dan rendah kalori serta mengandung nutrisi sehat yaitu folat, potasium dan juga magnesium yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah. Selain mengonsumsinya sebagai sayur, Anda juga dapat memanfaatkan sayuran hijau seperti seledri untuk Anda nikmati sebagai jus.

Gandum

Makanan sehat yang kedua adalah gandum. Gandum merupakan sumber makanan yang baik untuk mencukupi kebutuhan serat Anda per harinya. Hal ini dikarenakan gandum kaya akan serat, vitamin B, protein dan juga seleium yang dapat membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, gandum juga dapat Anda gunakan untuk diet. Karena kandungan serat dalam gandum dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kandungan potasium dan magnesium dalam kacang-kacangan  sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun sebaiknya Anda harus membatasi dalam mengonsumsi kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan tingginya potasium dapat menurunkan dan memberikan efek buruk pada kinerja ginjal Anda. Baca juga artikel lainnya tips menjaga  ginjal agar tetap sehat.

Cokelat

Siapa yang tidak tidak mengetahui makanan yang satu ini? Namun yang perlu Anda ketahui di sini adalah bukan cokelat yang memiliki rasa manis yang biasa Anda konsumsi. Melainkan cokelat hitam atau dark chocolate. Cokelat hitam mengandung flavonoid yang tinggi, flavonoid sendiri merupakan suatu zat yang mampu memproduksi nitrit oksida yang berfungsi untuk menguatkan otot di sekitar pembuluh darah. Sehingga hal ini akan membantu melancarkan aliran darah.

Sekarang sudah tahu kan apa saja makanan untuk penderita hipertensi? Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus menerapkan gaya hidup yang sehat lainnya seperti rutin berolahraga, minum air putih dan tentunya hindari stres yang dapat memicu tekanan darah tinggi pada Anda. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda :)