Makanan untuk Penderita Asma

By Categories : Makanan

Penyakit asma merupakan suatu penyakit dapat kambuh sewaktu-waktu dan merupakan penyakit bawaan dari lahir. Penyakit pernapasan bawaan ini tidak mudah untuk disembuhkan, sehingga bagi penderitanya harus berhati-hati. Tidak semua orang terjangkit asma. Salah satu cara untuk menghindarkan agar asma tidak kambuh adalah dengan cara menghindari asap dari rokok, atau debu.

Namun tahukah Anda selain menghindari cara tersebut terdapat cara lainnya yaitu dengan cara rajin berolahraga, dan juga mengonsumsi makanan tertentu. Pada pembahasan kali ini membahas mengenai makanan sehat bagi para penderita asma. Bagi Anda yang ingin mengetahui langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Makanan untuk Penderita Asma

Makanan untuk Penderita Asma

Alpukat

Buah yang kaya akan antioksidan ini memang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas yang ada di udara dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh. Namun tahukah Anda bahwa buah alpukat ini juga baik untuk para penderita asma? Buah alpukat memang baik untuk penderita asma, ini dikarenakan di dalam buah asma terdapat kandungan L-glutathione yang dapat mencegah terjadinya asma bagi penderitanya.

Bayam

Sayur bayam menjadi makanan untuk penderita asma berikutnya. Sayuran yang terkenal dengan kandungan zat besinya ini mengurangi resiko kambuhnya asma dengan cara dikonsumsi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata penderita asma kekurangan akan magnesium. Zat inilah yang terkandung dalam bayam, sehingga memungkinkan bayam untuk mencegah kembali kambuhnya asma pada tubuh. Para peneliti mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi 400 mg magnesium setiap harinya dapat mengurangi gejala asma. Baca juga Tempat Wisata di Manado

Makanan Kaya Omega-3

Ikan salmon yang kaya akan omega-3 dapat menjadi pilihan Anda bagi para penderita asma. Salah satu manfaat dari omega-3 ini adalah mampu meningkatkan kinerja dari paru-paru, sehingga sangat cocok sekali untuk penderita asma. Sumber omega-3 selain ikan salmon seperti ikan tuna, walnut, mackerel, dan sumber makanan lainnya. Bagaimana Tertarik mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3?

Jahe

Mungkin belum banyak orang mengetahui bahwa jahe mampu mencegah asma kambuh kembali. Jahe memang baik untuk mencegah flu atau demam, mengingat salah satu fungsinya untuk menghangatkan tubuh. Selain itu ternyata khasiat dari jahe ini mampu membersihkan saluran udara pernapasan serta mencegah peradangan. Bagi Anda para penderita asma dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat atau juga sudah dicampurkan dengan makanan seperti roti jahe.

Brokoli

Sayuran hijau yang baik juga untuk kesehatan jantung yang satu ini ampuh dalam mencegah asma kambuh pada anak. Sebuah penelitian yang diungkapkan oleh sebuah sekolah kesehatan di Amerika Serikat yaitu UCLA’s David Geffen School of Medicine oleh Dr Marck Riedl menyatakan bahwa kandungan brokoli seperti kadar enzim yang mengandung antioksidan mampu meningkatkan saluran pernapasan. Antioksidan inilah yang bisa melindungi dari radikal bebas di udara.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai makanan untuk penderita asma, sekian dan semga bermanfaat. Baca juga Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu