Makanan untuk Penderita Asam Urat

By Categories : Makanan

Penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi apabila kadar asam urat di dalam darah tinggi. Hal tersebut mengakibatkan pembentukan kristal yang menumpuk pada bagian sendi. Oleh karena itu biasanya para penderita asam urat waspada terhadap makanan yang mereka konsumsi. Banyak orang mengatakan bahwa melakukan program diet merupakan salah satu cara untuk mengatasi penyakit asam urat. Anggapan tersebut tidak bisa digunakan untuk mengobati asam urat, tetapi Anda dapat mengontrol agar penyakit tersebut tidak parah. Lalu makanan apa saja yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh? Berikut adalah beberapa daftar makanan untuk penderita asam urat.

Makanan untuk Penderita Asam Urat

  • Minum air putih yang baik adalah minimal 10 sampai dengan 12 gelas dalam sehari. Dengan minum air putih sangat bermanfaat dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh, termasuk asam urat. Oleh sebab itu para penderita asam urat disarankan untuk minum air putih dalam jumlah di atas. Makanan untuk Penderita Asam Urat
  • Mengonsumsi Buah Ceri. Di dalam buah ceri mengandung zat anti inflamasi disebut dengan Antosianin yang bisa membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Antosianin ini berperan dalam mencegah proses mengkristalnya asam urat di persendian. Selain itu buah ini juga dapat menetralisirkan zat asam yang membantu untuk mencegah peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Untuk mendapatkan hasil yang baik makan 200 gram buah ceri per hari.
  • Jeruk nipis dapat digunakan untuk perawatan pada kulit wajah. Tetapi buah yang multifungsi ini juga bisa digunakan untuk pelarut asam urat. Ini dikarenakan asam sitrat yang ada pada jeruk nipis. Anda dapat minum jeruk nipis minimal 2 kali dalam sehari untuk manfaat yang maksimal bagi kesehatan tubuh.
  • Mengonsumsi buah apel. Buah apel terkenal dengan kaya antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Asam malat yang ada di dalam buah apel inilah yang dapat menetralkan asam urat. Oleh karena itu sangat disarankan bagi para penderita asam urat ini untuk mengonsumsi apel. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda harus mengonsumsi minimal satu buah apel dalam sehari.
  • Kacang Panjang. Makanan lain yang efektif untuk penderita asam urat adalah kacang panjang Perancis. Cara mengonsumsinya cukup mudah dengan membuat kacang panjang Perancis menjadi jus. Jus sehat inilah yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi jus tersebut dua kali dalam sehari untuk hasil yang optimal.
  • Minum teh hijau. Teh hijau memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi Anda jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Teh hijau dapat mengontol asam urat dalam tubuh. Oleh sebab itu banyak orang memanfaatkan teh hijau. Mengonsumsi teh hijau yang baik adalah dua kali dalam sehari. Baca juga Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa makanan untuk penderita asam urat. Makanan lainnya yang dapat Anda konsumsi diantaranya seperti pisang, aneka sayuran seperti brokoli, tomat, dan juga mentimun, ikan salmon, cuka pinto, dan lain sebagainya.

terms: beda kacang panjang perancis dan kacang panjang biasa, manfaat kacang panjang perancis