Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

By Categories : Kesehatan

Asam lambung adalah salah satu penyakit yang sering diderita oleh setiap orang. Penyakit ini pada umumnya menyerang sistem pencernaan yaitu lambung. Jika tidak segera di atasi meningkatnya asam lambung dapat menyebabkan perut menjadi mual dan juga nyeri. Tak hanya itu saja, hal tersebut juga merupakan penyebab utama penyakit maag. Namun Anda jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit yang satu ini salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan lambung. Berikut adalah makanan untuk penderita asam lambung yang dapat Anda coba.

Makanan untuk penderita asam lambung

Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang memiliki manfaat yang banyak untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu dapat meringankan penyakit asam lambung. Ini karena brokoli kaya akan kalium dan sulfur. Sulfur sendiri merupakan sejenis antioksidan dalam brokoli sehingga dapat melindungi lapisan kulit lambung Anda tetap aman. Tak hanya itu, kandungan vitamin C pada brokoli juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima.

Pisang

Kandungan kalium dalam pisang bermanfaat untuk menyeimbangkan Ph (derajat keasaman) di dalam lambung. Selain dapat menyeimbangkan pH pisang juga dapat memberikan rasa kenyang ketika Anda konsumsi. Maka dari itu, buah pisang sangat baik Anda konsumsi saat Anda melakukan program diet. Tak hanya itu saja, pisang juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, Vitamin B6 dan potasium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan tulang Anda.

Kunyit

Selain sayur dan buah, Anda juga dapat memanfaatkan rempah-rempah seperti kunyit untuk mengatasi asam lambung Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol kunyit pada kelinci dapat menurunkan sekresi asam lambung serta meningkatkan produksi lendir atau mukus pada mukosa lambung. Nah selain digunakan untuk bumbu dapur, kunyit juga dapat Anda manfaatkan untuk menurunkan kadar asam pada lambung Anda.

Kentang

Tak hanya nikmat jika disantap sebagai kentang goreng, kentang juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan lambung Anda. Mengonsumsi kentang rebus, jus kentang ataupun bubur kentang di pagi hari sangat berguna untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda mengonsumsi makanan kesukaan Anda yang lainnya. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang satu ini, karena kentang mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga ini dapat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama.

Kol

Makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah kol. Kandungan asam amino glutamin pada kol dapat meningkatkan aliran darah ke perut, melindungi lapisan perut, memberikan nutrisi pada sel dalam lambung serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Namun sebelum mengonsumsi ini Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Hal ini dikarenakan kol memiliki kandungan gas yang banyak.

Nah itulah beberapa makanan untuk penderita asam lambung.

Baca juga artikel Cara meredakan sakit tenggorokan.

Loading...