Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

By Categories : Makanan

Mengonsumsi makanan sehat menjadi syarat khusus untuk menjaga kesehatan tubuh. Terdapat makanan tertentu yang memang dapat berguna untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh. Apalagi sistem imun pada manusia dapat ditingkatkan dengan melakukan beberapa cara alami. Cara yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga dapat meningkatkan stamina pada tubuh, otomatis daya tahan akan semakin kuat.

Untuk cara yang kedua dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran. Manfaat dari sistem imun adalah mencegah berbagai penyakit yang siap mengancam tubuh kita kapan saja. Langsung saja pada pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh!

kekebalan tubuh

Daftar Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bawang Putih

Bawang Putih merupakan salah satu rempah yang banyak dikonsumsi orang sebagai salah satu bahan pelengkap dalam masakan. Bawang putih memiliki keunggulan dalam tubuh, meskipun memiliki ukuran kecil tetapi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam bawang putih terdapat senyawa yang disebut Allcin yang merupakan komponen kuat yang bisa menghancurkan bakteri, serta infeksi yang ditimbulkan.

Daging

Makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi daging. Daging yang dapat dikonsumsi diantaranya seperti daging sapi, kambing, ikan maupun ayam. Daging kaya akan zink yang merupakan elemen dalam meningkatkan produksi sel darah putih. Seperti yang kita ketahui bahwa sel darah putih berperan penting dalam menjaga, serta meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Baca juga manfaat Minum Air Putih

Telur

Untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, Anda dapat mengonsumsi telur. Di dalam telur terkandung protein, vitamin D, dan zat-zat positif lainnya. Oleh sebab itu telur sehat baik untuk kesehatan tulang, serta peningkat sistem imun pada tubuh. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan terlalu berlebih dalam mengonsumsi telur.

Sayuran Hijau

Mungkin kita sudah mengetahui semua bahwa sayuran hijau baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin, serta mengandung zink. Selain itu sayuran hijau mengandung senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti penjelasan di atas, bahwa zink bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mengonsumsi sayuran hjau. Sayuran tersebut seperti bayam, kangkung, brokoli, dan masih banyak lagi.

Jahe

Di dalam jahe terdapat bahan antimikroba yang sangat ampuh. Biasanya orang mengonsumsi jahe dengan cara diolah menjadi minuman yang disebut dengan wedang jahe. Wedang jahe sangat pas diminum saat musim hujan, karena minuman ini dapat menghangatkan tubuh. Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe ternyata dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Bagaimana tertarik untuk memanfaatkan jahe? Yang terpenting adalah jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Buah-Buahan

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan dalam meningkatkan imun atau kekebalan tubuh. Manusia hidup tentu membutuhkan buah untuk melengkapi gizi tubuh. Buah kaya vitamin, mineral, dan serat yang semuanya baik untuk tubuh. Dalam hal ini buah yang dapat Anda konsumsi adalah buah berry, buah jeruk, alpukat, anggur, dan masih banyak lagi.

Yoghurt

Yoghurt sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri ini sangat esensial dan menjaga sistem pencernaan, terutama usus. Jika sistem pencernaan Anda sehat maka kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A yang penting untuk memproduksi jaringan konektif, yakni suatu jaringan yang mendukung, menghubungkan, serta memisahkan antar jaringan dan organ dalam tubuh. Dalam hal ini ubi jalar memiliki peranan penting untuk kulit dalam menjaga dari kuman serta bakteri. Perlu Anda ketahui jika kulit merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Jamur

Makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh lainnya adalah jamur. Makanan ini dapat membantu memperbanyak sel darah putih. Sel tersebut merupakan sistem imun yang mampu melawan panyakit. Selain itu, jamur juga mengandung zink serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Alpukat

Buah yang satu ini mengandung vitamin A, B1, C, serta mineral dan merupakan salah satu buah yang paling menyehatkan. Buah alpukat mampu membersihkan usus secara natural.

Kelapa

Kelapa dan minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kelapa mengandung asam lauric  yang dapat menjadi monolaurin. Monolaurin merupakan komponen yang terdapat pada air susu yang secara alami dapat meningkatakan kekebalan tubuh, terutama sistem imun bayi.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A, B1, dan C. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung zink. Jika Anda ingin meningkatkan kekebalan pada tubuh jangan lupa mengonsumsi sayuran hijau secara rutin.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ada juga makanan lainnya seperti kentang manis, jamur, gandum, dan lain sebagainya. Baca juga Manfaat Buah Anggur Merah

Loading...