Makanan untuk Memperbanyak ASI secara Alami

By Categories : Wanita

Makanan untuk memperbanyak ASI dibutuhkan ibu yang baru saja melahirkan. ASI menjadi pilihan terbaik untuk bayi sebagai nutrisi. Hal ini dikarenakan si bayi belum boleh mengonsumsi makanan lain. Beberapa sumber makanan tersebut dapat mudah dicari di pasar, sehingga tak membutuhkan banyak waktu untuk mencarinya. Dengan mengonsumsi makanan alami, tentunya sang ibu dapat menghindari suplemen yang mungkin saja mengandung bahan kimia. Lalu apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

Makanan untuk Memperbanyak ASI secara Alami

Berikut Makanan untuk Memperbanyak ASI secara Alami

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Sudah terbukti bahwa pepaya mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, enzim papain, dan juga kalium. Enzim papain yang terkandung di dalam buah pepaya sangat membantu dalam proses pencernaan protein. Untuk ibu menyusui sangat membutuhkan banyak asupan protein dalam produksi ASI. Di samping itu buah pepaya juga mengandung banyak cairan yang juga berperan dalam memenbuhi cairan guna memproduksi ASI. Pepaya dapat dikonsumsi langsung ataupun dibuat sebagai minuman berupa jus.

Oatmeal

Makanan untuk memperbanyak ASI berikutnya adalah oatmeal. Makanan yang terbuat dari gandum tersebut juga dapat dikonsumsi oleh ibu guna meningkatkan serta memperbanyak ASI. Oatmeal tidak hanya berguna untuk memperbanyak ASI saja, melainkan juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh serta membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Bagi seorang ibu yang mengonsumsi oatmeal ini akan merasa lebih rileks sehingga memicu hormone oxytocin. Hormon tersebut berpengaruh dalam produksi ASI.

Bayam

Makanan berikutnya adalah bayam. Bayam mengandung zat besi tinggi yang berperan sebagai membantu proses pembentukan sel darah merah. Di samping zat besi, bayam juga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu daya tahan tubuh. Nutrisi lain yang terkandung dalam bayam misalnya vitamin A, C, E, K, protein, dan berbagai nutrisi lainnya termasuk kalsium, magnesium, kalium, dan juga fosfor. Sama halnya dengan sayuran hijau lainnya, bayam mengandung enzim yang disebut Phytoestrogens yang berguna untuk memperbanyak ASI.

Sup Ayam, Daging atau Ikan

Ibu sedang menyusui juga dapat mengonsumsi berbagai sup seperti sup ayam, daging ataupun ikan guna meningkatkan produksi ASI. Kuah sup berperan untuk menambah asupan cairan pada tubuh, sementara ikan, daging ataupun ayam berperan sebagai protein untuk tubuh. Di samping bahan tersebut ibu juga bisa menambah aneka sayuran hijau seperti wortel, tomat, dan sayuran lainnya.

Daun Katuk

Daun katuk menjadi yang terakhir dalam pembahasan ini. Daun katuk sudah terkenal sebagai makanan untuk meningkatkan ASI. Untuk kondisi normal ibu membutuhkan asupan protein sampai dengan 40 gram. Sedangkan ketika menyusui sang ibu membutuhkan sebanyak 60 gram protein dalam setiap harinya, Daun katuk mengandung cukup banyak protein yang bisa dijadikan pilihan sebagai bahan alami untuk memasak.

Demikianlah tadi beberapa makanan untuk memperbanyak ASI secara alami yang bisa menjadi alternatif untuk makanan sehat.

Loading...
terms: buah yg bisa memperbanyak asi