Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

By Categories : Kesehatan

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara menjaga kesehatan mata. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata salah satunya adalah dengan cara menghindari  menatap layar komputer terlalu lama,  mengistirahatkan mata dan juga mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan Anda. Namun tahukah Anda makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata Anda?

istock_000008903638small-1

Ya, benar. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A merupakan salah satu cara ampuh dan efektif untuk menjaga kesehatan mata. Namun, apakah hanya makanan yang mengandung vitamin A saja? Tentu saja tidak, ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk tetap menjaga kesehatan mata Anda. Penasaran kan apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini! Selamat membaca :)

Ikan salmon

Mulailah untuk mengonsumsi ikan salmon setidaknya dua kali dalam seminggu. Mengonsumsi ikan ini secara rutin dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Ini karena ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, ikan salmon juga dapat membantu tubuh untuk mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol dan juga meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih. Selain ikan salmon, Anda juga dapat menemukan kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sarden, ikan makarel dan juga ikan herring.

Telur

Sebagian besar orang  sering menderita penyakit mata seperti katarak dan juga degenerasi makula. Untuk menghindari penyakit ini, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi telur secara rutin. Telur, mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, B12, vitamin D, lutein, zaexanthin dan juga cysteine. Kandungan lutein dan  zaexanthin pada telur merupakan antioksidan yang dapat mencegah degenerasi makula dan juga penyakit katarak.

Wortel

Tentu saja jangan ketinggalan dengan sayur yang satu ini. Wortel merupakan sumber vitamin A dan beta karoten terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. Tak hanya itu, wortel juga mengandung kalium, serat dan juga falcarinol. Kalium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Lalu, serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Sedangkan falcarinol dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh.

Sayuran hijau

Yang dimaksud dengan sayuran hijau di sini adalah sayuran hijau  seperti, sawi, lobak, kale, dan juga bayam. Anda dapat mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin untuk menjaga kesehatan mata Anda. Ini karena sayuran tersebut mengandung beberapa zat seperti , lutein dan zaexanthin yang merupakan suatu antioksidan. Zat tersebut dipercaya dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit mata kronis seperti degenerasi makula dan juga katarak.

Selain makanan di atas, masih ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata seperti, ubi jalar,minyak zaitun dan juga jagung. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca juga artikel terkait cara memutihkan gigi yang benar.