Makanan Sehat untuk Sarapan

By Categories : Makanan

Makan di pagi hari atau disebut dengan sarapan merupakan salah satu hal yang penting untuk mengawali sebuah aktivitas atau kegiatan setiap harinya. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan energi yang berasal dari nutrisi dan juga vitamin yang terkandung pada menu sarapan. Dengan memilih jenis makanan yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan. Nah bagi Anda yang tidak terbiasa dengan makan makanan di pagi hari, alangkah baiknya untuk membiasakannya. Langsung saja berikut adalah makanan sehat untuk sarapan di pagi hari.

makanan sehat untuk sarapan

Makanan Sehat untuk Sarapan

Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai salah satu menu sarapan pagi. Buah pisang memiliki tekstur lembut, dan rasa yang manis. Pisang mengandung senyawa karbohidrat yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Disamping itu buah ini juga mengandung yang disebut potassium yang berperan sebagai penurun tekanan darah dalam tubuh secara alami.

Buah Semangka

Selain buah pisang, terdapat pula buah semangka yang baik dikonsumsi pada menu sarapan di pagi hari. Buah yang kaya akan kandungan air ini sangat cocok untuk dikonsumsi, yang bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu buah semangka juga kaya akan kandungan likopen yang baik untuk organ tubuh. Organ tersebut diantaranya seperti menjaga kesehatan mata, dan juga jantung serta menangkal sel kanker dalam tubuh.

Telur

Banyak orang mengonsumsi telur di pagi hari, dengan cara pengolahan yang bervariasi. Hal tersebut memang benar adanya, telur sangat cocok digunakan sebagai menu sarapan. Selain mudah dalam menghidangkannya, telur menjadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi dan juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh.

Teh Hangat

Bagi Anda yang kurang menyukai kopi, Anda dapat menggantikannya dengan minum teh. Teh menjadi alternative minuman terbaik, selain air putih (Baca juga Manfaat Minum Air Putih). Teh mengandung antioksidan yang berperan sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh agar tak mudah terserang penyakit.

Yogurt

Makanan sehat untuk sarapan berikutnya adalah yogurt. Yogurt merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Kandungan dalam yogurt seperti kalsium dengan jumlah cukup tinggi, dan juga protein. Anda dapat memilih aneka ragam yogurt dengan varian rasa yang berbeda, namun untuk hasil yang lebih baik Anda dapat memilih yogurt dengan rasa original. Untuk menggantikan rasa buah, Anda dapat menambahkan buah segar saat mengonsumsinya.

Buah Stroberi

Buah stroberi mengandung antioksidan,vitamin C, serat, dan juga asam folat. Buah ini cocok untuk Anda tambahkan ke dalam menu makanan di pagi hari, selain buah pisang dan juga buah semangka. Namun jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti makanan yang terbuat dari gandum, nasi, atau juga roti.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai makanan sehat untuk sarapan untuk menambah daftar variasi menu sarapan di pagi hari. Baca juga artikel terkait lainnya Makanan yang Mengandung Protein Tinggi