Makanan Sehat untuk Penderita Tipes

By Categories : Kesehatan

Tifus atau tipes merupakan salah satu penyakit yang sering dialami kebanyakan orang. Penyakit ini disebabkan karena infeksi dari bakteri Sakmonella Typhosa. Bakteri ini biasanya akan menempel pada makanan yang terletak di tempat yang kurang bersih. Bagi seseorang yang mengonsums makanan tersebut maka dapat terserang penyakit tipes.

Penyakit ini dapat menular mengingat bakteri Salmonella dapat mudah berpindah tempat. Oleh sebab itu jika terdapat salah satu anggota keluarga terkena penyakit tersebut, sebaiknya peralatan untuk makan seperti sendok, piring, gelas, dan garpu dicuci sampai bersih dan dipisahkan. Begitu juga dengan sprai, bantal, selimut, dan lainnya.

Makanan Sehat untuk Penderita Tipes

Pastikan gunakan masker jika kontak langsung dengan pasien yang terkena tipes agar tak tertular bakteri tersebut. Penyakit ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala yang perlu diketahui agar mendapatkan pertolongan medis secara cepat. Gejala-gejala tersebut beragam mulai dari gejala demam dengan suhu tubuh mencapai 40 derjat celcius yang terjadi selama 7 sampai 10 hari. Demam tersebut biasanya terjadi ketika malam hari, sedangkan untuk siang ataupun sore demam akan menurun.

Gejala berikutnya seperti ditandai dengan lidah berwarna putih pada bagian tengah. Selain lidah berwarna putih juga disertai dengan tenggorokan mengalami peradangan, bibir pecah-pecah serta rasa pahit yang membuat nafsu makan menjadi susah.

Gejala lainnya bisa ditandai juga dengan rasa nyeri pada otot, kepala terasa pusing, diare, susah buang air besar, serta rasa sakit pada perut. Hal ini diakibatkan karena bakteri tersebut yang menginfeksi dan menyebabkan terjadi pembengkakan pada limfa dan hati. Jika tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan resiko pendarahan karena terjadi kebocoran pada usus. Untuk itu pertolongan medis perlu dilakukan dengan rawat inap. Selain itu terdapat beberapa makanan yang perlu diperhatikan. Untuk makanan sehat untuk penderita tipes dapat Anda ketahui pada pembahasan di bawah ini!

Berikut Makanan Sehat untuk Penderita Tipes

Makanan yang Lunak

Untuk penderita tipes sangat disarankan agar mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki tekstur lembut dan lunak. Makanan bertekstur lembut yang bisa dikonsumsi seperti bubur dengan kaldu ayam sebagai sumber karbohidrat, nasi tim ayam dengan tekstur nasi yang lembut, kentang yang telah direbus dan dihaluskan, pisang yang memiliki tekstur lunak, serta bisa juga alpukat yang memilki kandungan vitamin dan antioksidan.

Makanan Rendah Serat

Makanan rendah serat menjadi makanan berikutnya yang bisa dikonsumsi penderita tipes. Hindari makanan yang mengandung serat tinggi. Untuk makanan yang mengandung rendah serat penderita tipes dianjurkan juga untuk mengonsumsi buah dan sayuran seperti pisang, alpukat, kacang panjang, pepaya, buncis muda, dan labu siam.

Makanan Kaya Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi diperlukan juga bagi para penderita tipes. Terdapat banyak sumber protein hewani dan nabati pada makanan. Untuk sumber protein penderita tipes dapat mengonsumsi daging ayam rebus, hati ayam sedangkan untuk protein nabati kacang kedelai, ataupun tahu.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa makanan sehat untuk penderita tipes, Perlu diketahui juga hindari makanan dengan rasa pedas dan asam mengingat makanan tersebut tak baik untuk pencernaan penderita tipes. Baca juga artikel mengenai Gejala dan cara mengatasi tipes pada anak.

terms: makanan orang typus