Makanan Sehat untuk Penderita Stroke

By Categories : Kesehatan

Bagi penderita stroke sangat disarankan untuk memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Secara umum makanan yang cocok untuk para penderita stroke adalah makanan yang mengandung serat serta mampu menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh. Stroke menjadi salah satu penyakit paling berbahaya di dunia dengan angka kematian yang tinggi. Ketika seseorang terkena penyakit stroke dapat ditandai dengan berbagai hal seperti kemampuan fisik yang berkurang serta kehilangan daya ingat.

Makanan Sehat untuk Penderita Stroke

Untuk gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit stroke di antaranya seperti para penderita mengalami berbagai kelemahan pada lengan, kaki, dan wajah, sulit untuk berbicara, sulit untuk bergerak, dan juga rasa pusing pada bagian kepala. Untuk penanganan para penderita stroke dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti terapi fisik yang berguna untuk melatih kerja otot agar pulih kembali. Selain itu makanan sehat juga perlu dipertimbangkan.

Berikut ini Makanan Sehat untuk Penderita Stroke

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan kaya akan serat yang berasal dari biji gandum. Makanan ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti lemak, protein, dan juga kalori. Di dalam satu cangkir oatmeal saja sudah terkandung 6 gram protein. Nutrisi pada oatmeal sangat berguna untuk sumber energi bagi tubuh. Selain itu serat di dalam oatmeal juga berperan dalam membantu proses penyerapan kolesterol di dalam darah serta membantu mengatur kadar gula di dalam darah.

Roti Gandum

Makanan sehat untuk penderita stroke yang kedua adalah roti gandum. Roti gandum memiliki cita rasa lezat layaknya roti yang terbuat dari tepung. Di dalam roti gandum terdapat nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin E, asam folat, omega 3, dan juga serat. Kandungan seperti omega 3 berfungsi untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh serta membantu regenerasi dari sel pada otak.

Beras Merah

Makanan berikutnya adalah beras merah. Beras merah menjadi makanan yang kaya akan karbohidrat yang baik bagi penderita stroke. Di dalam beras merah terkandung selenium cukup tinggi yang berguna dalam pencegahan penyakit stroke. Di samping itu makanan cocok untuk penderita stroke ini mengandung antioksidan, serat, dan juga mangan. Mangan di dalam beras merah berfungsi untuk mengaktifkan sistem saraf dalam tubuh.

Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi makanan berikutnya yang bisa diberikan untuk penderita stroke. Ikan salmon mengandung DHA, EPA, dan asam lemak omega 3 yang semuanya baik untuk pembuluh darah dalam tubuh, mencegah terjadinya pembekuan darah, serta membantu mengendalikan kadar kolesterol buruk di dalam darah. Ikan salmon tak hanya baik untuk penderita stroke saja, melainkan juga untuk penderita penyakit jantung.

Untuk makanan lainnya yang cocok bagi penderita stroke adalah susu rendah lemak, ikan makarel, tomat, terong, kacang-kacangan, brokoli, pisang, dan juga pepaya. Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai makanan sehat untuk penderita stroke.