Makanan Sehat untuk Jantung

By Categories : Makanan

Kurang aktivitas dalam berolahraga akan menyebabkan tubuh menjadi lemah dan berdampak buruk pada kualitas hidup. Kualitas hidup yang buruk dapat mengakibatkan juga rasa stres di dalam diri. Berbagai hal tersebut dapat meningkatkan denyut pada jantung. Bagi para penderita atau seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung tentu akan menghindari hal-hal negatif.

Makanan Sehat untuk Jantung

Dengan denyut jantung yang stabil dan normal, kemungkinan terkena penyakit stroke dan juga penyakit jantung sangatlah kecil. Untuk itulah faktor gaya hidup memang diperlukan untuk menghindari penyakit berbahaya tersebut. Untuk menjaga gaya hidup, diperlukan untuk memperhatikan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Nah bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, alangkah baiknya jika mengonsumsi makanan berikut ini!

Makanan Sehat untuk Jantung

Coklat Hitam

Beberapa penelitian menemukan bahwa coklat hitam kaya akan flavanol yang memiliki efek untuk mengencerkan darah, dan juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu zat tersebut juga dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan jantung yang baik, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dari bahan coklat. Selain zat flavanol, juga terdapat senyawa epikatekin yang dapat membantu dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh.

Ikan Salmon

Makanan sehat untuk jantung yang berikutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon baik dikonsumsi dalam 2 sampai 3 porsi dalam seminggu untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ikan salmon dan juga tuna mengandung omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah, dan mencegah irama jantung yang tak beraturan. Baca juga Makanan yang Mengandung Omega-3.

Teh Hijau

Selain ikan salmon dan juga coklat hitam, teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini diungkapkan dengan berbagai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti. Mereka mengungkapkan bahwa dengan minum teh hijau setiap harinya akan memiliki jantung yang sehat dan lebih baik daripada mereka yang tidak minum teh herbal ini.

Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah untuk ditemukan di setiap tempat. Buah ini memiliki harga yang cukup relatif murah, namun tetap memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Pisang mengandung senyawa kalium yang dapat membantu menjaga jantung, dan juga menyeimbangkan air, serta natrium di dalam tubuh. Senyawa kalium juga membentuk ginjal dalam mengekskresikan kelebihan natrium, sehingga akan memberikan tekanan darah yang baik. Adapun buah lainnya yang baik untuk kesehatan jantung adalah buah apel, buah berry, buah delima, dan juga buah tomat.

Kacang Hijau

Dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur baik pula untuk menjaga kesehatan jantung. Tetapi Anda tidak perlu mengonsumsi kacang hijau langsung dalam jumlah yang banyak. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menyarankan mengonsumsi setengah cangkir kacang hijau setiap harinya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kacang hijau kaya akan serat, dan senyawa lainnya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Baca juga Makanan yang dapat Menurunkan Kolesterol

Demikianlah pembahasan mengenai makanan sehat untuk jantung yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam menjaga kesehatan organ jantung. Makanan lainnya seperti biji-bijian, kacang-kacangan, kismis, dan juga yogurt.